ACHMAD DENI MALANA, 040912137 (2013) PENGARUH EMPLOYEE CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) INVOLVEMENT TERHADAP ORGANIZATIONAL IDENTIFICATION DENGAN VARIABEL INTERVENING JOB SATISFACTION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-malanaachm-30337-5.abstr-k.pdf Download (53kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
ACHMAD DENI MALANA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Karyawan yang mengidentifikasikan dirinya dengan organisasi mungkin lebih cenderung untuk tetap bertahan dan tinggal dengan organisasi dan mengeluarkan usaha lebih atas nama organisasi mereka. Organizational identification sebagai persepsi seseorang atas perasaan memiliki atau keterikatan dengan perusahaan, menjadikan seseorang memandang diri sendiri merupakan bagian dari organisasi dan merasa sebagai suatu kesatuan dengan organisasi tersebut. Bekerja untuk perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dapat memperkuat self-image karyawan, membantu mereka mengidentifikasikan diri terhadap organisasi. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab moral dengan menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan sekitar perusahaan atau yang menjadi sasaran program CSR. Melibatkan karyawan dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dapat meningkatkan organizational identification dan job satisfaction karyawan (Mozes et al., 2011).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhemployee CSR involvement terhadap organizational identification. Dan juga penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh job satisfactiondalam memediasi hubungan employee CSR involvement dan organizational identification. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 orang karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Jember yang pernah terlibat dalam CSR dan berasal dari luar unit CDC. Analisis pada penelitian ini menggunakan Path Analysis. Pengujian hipotesis pertama membuktikan pengaruh yang tidak signifikan dalam hubungan employee CSR involvementterhadap organizational identification. Pengujian hipotesis kedua, yaitu pengaruh employee CSR involvement terhadap organizational identification dengan job satisfaction sebagai variabel intervening menunjukkan bahwa job satisfaction memediasi hubungan employee CSR involvement dan organizational identification secara penuh atau full mediation
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK - 2 B. 24/14 Mal p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | JOB SATISFACTION; CORPORATE CULTURE | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2016 08:54 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6834 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |