ANALISIS PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK E-PATIENT MENGGUNAKAN AFFECTIVE EVENTS THEORY (AET) DAN SELF DETERMINATION THEORY (SDT)

Mega Putri Yolandanni, 081311633011 (2017) ANALISIS PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK E-PATIENT MENGGUNAKAN AFFECTIVE EVENTS THEORY (AET) DAN SELF DETERMINATION THEORY (SDT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ST.SI.03 18 Yol a.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_ST.SI.03 18 Yol a.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

E-patient telah meningkatkan kesadaran akan melek kesehatan di kalangan masyarakat ahli non-medis. Salah satu aktivitas e-patient yang meningkat adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman kesehatan di sistem informatika kesehatan konsumen, seperti Patientslikeme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsumen melakukan aktivitas e-patient dengan menggunakan Patientslikeme. Penelitian ini menggunakan Affective Events Theory (AET) dan Self Determination Theory (SDT) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi konsumen dalam berbagi pengalaman kesehatan pribadi melalui media sosial pada pasien. Data persepsi dikumpulkan dari 112 pasien pengguna dari berbagai negara. Pengolahan data menggunakan metode partial least square – structural equation modeling (PLSSEM). Hasil menunjukkan bahwa emosi dari peristiwa tertentu (seperti riwayat medis, pengalaman masa lalu) memicu niat konsumen untuk berbagi informasi kesehatan di media sosial, namun faktor afektif mungkin tidak cukup untuk memotivasi partisipasi dalam diskusi topik kesehatan online. Rekomendasi untuk penelitian ini adalah diadakan seminar online untuk meningkatkan motivasi berbagi informasi kesehatan dan sistem rujukan koneksi penderita membaik berdasarkan kondisi medis yang serupa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.03/18 Yol a
Uncontrolled Keywords: E-Patient, Media Sosial, AET, SDT, PLS-SEM.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Mega Putri Yolandanni, 081311633011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom., M.Cs.UNSPECIFIED
Thesis advisorIra Puspitasari, ST., MT., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:41
Last Modified: 14 Jan 2018 22:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68953
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item