PERSEPSI KARYAWAN GENERASI Y TERHADAP DUKUNGAN SUPERVISOR PADA ASPEK WORK-LIFE BALANCE

ACHMAD DANANG RIZQI PRATAMA, 041311233182 (2018) PERSEPSI KARYAWAN GENERASI Y TERHADAP DUKUNGAN SUPERVISOR PADA ASPEK WORK-LIFE BALANCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B. 43-18 Pra p abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 43-18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini meneliti tentang persepsi terhadap dukungan supervisor untuk keseimbangan pekerjaan dan kehidupan karyawan generasi Y. Sebuah desain kualitatif didirikan dengan mewawancarai, melibatkan 12 karyawan generasi Y dari berbagai perusahaan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode snowball sampling dan juga menggunakan analisis tematik. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan generasi Y merasa adanya dukungan supervisor membuat perubahan dalam keseimbangan pekerjaan dan kehidupan. Temuan menunjukkan bahwa: (1) Dimensi waktu, dimensi peran, dan dimensi kepuasan membangun persepsi work-life balance; (2) Faktor personal, faktor ekonomi, faktor lingkungan, dan faktor dukungan organisasi membantu dalam membangun persepsi work-life balance; 3) Dukungan supervisor berupa dukungan emosional, dukungan instrumental dan role model; 4) Timming dan frekuensi dukungan supervisor penting dalam menapai harapan karyawan; 5) Dimensi waktu merupakan dimensi kritis dalam work-life balance; 6) Dukungan supervisor menimbulkan komitmen kontinuan; 7) Karyawan membangun batasan dalam hubungan dengan supervisor. Studi Ini memberikan kontribusi untuk menambah pemahaman tentang bagaimana persepsi karyawan generasi Y terhadap dukungan supervisor pada work-life balance. Karyawan generasi Y melihat waktu yang dibagi pada pekerjaan dan kehidupan merupakan dimensi kritis dalam merasakan work-life balance. Sedangkan dukungan supervisor berupa dukungan emosional, dukungan instrumental dan role model yang dirasakan oleh karyawan generasi Y membuat perbedaan dalam merasakan work-life balance dan mencegah karyawan keluar dari perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 43-18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Work-life balance, Persepsi Dukungan Supervisor, Komitmen Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD DANANG RIZQI PRATAMA, 041311233182UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Ekowati, SE.,M.Si.,M.AppCom(OrgCh).,Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Feb 2018 16:24
Last Modified: 11 Feb 2018 16:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69615
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item