PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI KELURAHAN MOJO KOTA SURABAYA

MUFLIHUL HUDA, 131511123042 (2017) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI KELURAHAN MOJO KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FKP.N. 30-18 Hud p-Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N. 30-18 Hud p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (986kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Persepsi merupakan proses akhir dari penghambatan yang di awali dari proses penginderaan, yaitu proses yang diterima stimulus oleh alat indra,kemudian individu ada perhatian, lalu di teruskan ke otak, dan baru kemudian individu menyadari tentang sesuatu yang dinamakan persepsi. Masyarakat merupakan setiap kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja sama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri mereka dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas yang dirumuskan dengan jelas. Masyarakat dan individu aling memberikan pengaruh. Bagaimana perilaku masyarakat tergantung bagaimana masyarakat berpersepsi sehingga berpangaruh terhadap orang dengan gangguan jiwa yang tinggal di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian mengetahui gambaran tentang persepsi masyarakat terhadap pasien penderita gangguan jiwa. Metode: Menggunakan studi interaksi simbolik yaitu cabang dari riset kualitatif. Besar sampel ditentukan dengan purposive sampling, total 7 responden. Peneliti menggunakan alat bantu pengumpul data berupa alat perekam suara berupa recorder atau perekam video berupa video kamera dan catatan lapangan. Hasil: External perception masyarakat terhadap orag dengan gangguan jiwa di wilayah kelurahan mojo yaitu perilaku, persepsi, pengetahuan dan kondisi emosi. Diskusi: Pihak rumah sakit atau perawat jiwa, hendaknya melakukan intervensi untuk memperkuat mekanisme koping masyarakat selama menghadapi berbagai masalah dalam berineraksi dengan orang dengan gangguan jiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 30/ 18 Hud p
Uncontrolled Keywords: Perception; Society; People with mental disorder
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MUFLIHUL HUDA, 131511123042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAh. YusufUNSPECIFIED
Thesis advisorSylvia Dwi Wahyuni, S.Kp.,M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 12 Feb 2018 17:26
Last Modified: 12 Feb 2018 17:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item