INOVASI LAYANAN KEPOLISIAN (Studi Tentang Layanan Panic Button On Hand Untuk Masyarakat Dilihat Dari Perspektif Pelayanan Prima di Polres Malang Kota)

DEKADEA LANTIKA NURLEA, 071411131040 (2017) INOVASI LAYANAN KEPOLISIAN (Studi Tentang Layanan Panic Button On Hand Untuk Masyarakat Dilihat Dari Perspektif Pelayanan Prima di Polres Malang Kota). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.05 18 Nur i.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.05 18 Nur i.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.05 18 Nur i.pdf

Download (643kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi layanan Panic Button On Hand bagi masyarakat di Polres Malang Kota dilihat dari perspektif pelayanan prima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, studi dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan dilakukan dengan teknik snowball. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Selanjutnya teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi layanan Panic Button On Hand untuk masyarakat dilihat dari perspektif pelayanan prima di Polres Malang Kota telah menunjukkan keberhasilan yang ditandai dengan adanya pelaksanaan layanan kepada masyarakat sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Standar pelayanan yang menentukan keberhasilan tersebut terkait dengan sikap; perhatian; tindakan; penampilan; kemampuan; dan tanggung jawab baik secara internal maupun eksternal. Standar pelayanan prima seperti sikap yang ramah, sopan, ikhlas; sigap ketika mendapat laporan; mendengar kebutuhan masyarakat; mampu mengoperasikan komputer; memberikan perlakuan yang adil; adanya peningkatan karir; mampu menjadi fasilitator yang baik; tanggung jawab dan mampu meningkatkan kredibilitas polisi telah dijalankan oleh Polres Malang Kota. Namun standar yang kurang dijalankan adalah belum adanya dasar hukum dan evaluasi program dari inovasi tersebut; belum ada ruang partisipasi bagi masyarakat dalam perumusan penetapan standar pelayanan serta ketegasan dalam menggunakan seragam. Selanjutnya, satu kriteria yang menunjukkan inovasi Panic Button On Hand di Polres Malang Kota telah menjalankan pelayanan prima yaitu adanya kepuasan dari pengguna yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah pengguna dan ditetapkannya sebagai salah satu dari 18 polres terbaik di Indonesia karena pelayanan prima Panic Button On Hand oleh MenPAN&RB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.05/18 Nur i
Uncontrolled Keywords: Inovasi Layanan, Panic Button On Hand, Pelayanan Prima
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
DEKADEA LANTIKA NURLEA, 071411131040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof., Dr., H., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Feb 2018 19:25
Last Modified: 21 Feb 2018 19:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69951
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item