ANALISIS PERILAKU PEGAWAI PELAYANAN PUBLIK DILIHAT DARI PERSPEKTIF ADMINISTRATIVE RESPONSIBILITY DI DINAS TENAGA KERJA KOTA SURABAYA

CITRA MAHARANI SUPRIYADI PUTRI, 071311133109 (2017) ANALISIS PERILAKU PEGAWAI PELAYANAN PUBLIK DILIHAT DARI PERSPEKTIF ADMINISTRATIVE RESPONSIBILITY DI DINAS TENAGA KERJA KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.10 18 Put a.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.10 18 Put a.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.10 18 Put a.pdf

Download (249kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi pada aparatur negara sebagai abdi masyarakat, pelayanan publik dimaksudkan untuk mensejahterakan masyarakat. Pelayanan tersebut diselenggarakan melalui dinasdinas yang ditunjuk oleh pemerintah. Dinas sebagai instansi pelayanan tidak terlepas dari keluhan masyarakat, maka dari itu diperlukan perbaikan terhadap setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, yaitu melalui tanggung jawab administratif pegawai. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bentuk perilaku kinerja pegawai dalam pelayanan publik berdasarkan administrative responsibility. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive, dan berkembang menjadi snowball dengan total 12 informan. Data diperoleh dari wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku kinerja pegawai terlihat pada tanggung jawab pegawai dalam melaksanakan tugas, yaitu cepat, tepat, dan tidak menunda pekerjaan, selalu tetap berada di kantor ketika waktu luang dan memanfaatkan waktu kerja secara maksimal, tidak melemparkan kesalahan kepada orang lain, bersedia mengakui kesalahan dan menerima konsekuensi atas kesalahan itu, dan mau bekerjasama dengan pegawai lain demi menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Selain itu, pegawai dalam melaksanakan tugasnya telah diikuti dengan kemampuan di bidang kerjanya, dalam melayani masyarakat pegawai telah bersikap ramah, dan menanggapi keluhan yang ada dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.10/18 Put a
Uncontrolled Keywords: Etika Pelayanan Publik, Perilaku Kinerja Pegawai, Tanggung Jawab Administratif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
CITRA MAHARANI SUPRIYADI PUTRI, 071311133109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Feb 2018 21:36
Last Modified: 21 Feb 2018 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69965
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item