Hubungan Tingkat Kepatuhan Petugas Medis dalam Menjalankan Panduan Tatalaksana Nyeri Pasca Operasi dengan Kepuasan Pasien dan Skor Nyeri saat Keluar Rumah Sakit di RSUD dr. Soetomo Surabaya

Pangki Suwiknyo, NIM011228066310 (2017) Hubungan Tingkat Kepatuhan Petugas Medis dalam Menjalankan Panduan Tatalaksana Nyeri Pasca Operasi dengan Kepuasan Pasien dan Skor Nyeri saat Keluar Rumah Sakit di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.AT. 01-18 Suw h Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.AT. 01-18 Suw h.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk memujudkan tatalaksana nyeri pasca operasi yang adekuat, maka kepatuhan petugas medis dalam menjalankan panduan tatalaksana nyeri harus baik. Semakin patuh petugas medis, maka nyeri akut pasca operasi bisa ditangani dengan baik, yang ditandai dengan rendahnya derajat nyeri pada periode 24 jam pasca operasi, sehingga kepuasan pasien akan pelayanan nyeri pasca operasi makin meningkat. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat kepatuhan petugas medis dalam menjalankan panduan tatalaksana nyeri dan tingkat kepuasan pasien akan pelayanan nyeri pasca operasi di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Metode Penelitian ini merupakan penelitian analisis observasional dengan rancangan penelitian prospective study. Penelitian ini menganalisis data dari kuesioner kepatuhan petugas medis dan daftar tilik terhadap kelengkapan dokumentasi tatalaksana nyeri pada rekam medis. Tingkat kepuasan pasien berdasarkan APS-POQ-R. Hasil Penelitian ini melibatkan 98 sampel. Hubungan antara tingkat kepatuhan petugas medis dalam menjalankan panduan tatalaksana nyeri dan tingkat kepuasan pasien tidak signifikan secara statistik (p=0.117). Sedangkan derajat nyeri (WBPS) pada periode 24 jam pasca operasi mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan pasien akan pelayanan nyeri pasca operasi (p=0.025). Angka kejadian nyeri saat KRS yakni nyeri ringan (46.9%), nyeri sedang (21.4%) dan nyeri berat 0%. Kesimpulan Hasil tatalaksana nyeri yang baik terutama pada periode 24 jam pasca operasi sangat menentukan tingkat kepuasan pasien akan pelayanan nyeri pasca operasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.AT. 01-18 Suw h
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan petugas medis, kepuasan pasien, ,WBFS, APS-POQ-R
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Pangki Suwiknyo, NIM011228066310NIM011228066310
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChristrijogo Sumartono, Dr., dr. Sp.An. KARUNSPECIFIED
Thesis advisorDedi Susila, dr. SpAn. KMNUNSPECIFIED
Thesis advisorSoni Sunarso Sulistiawan, dr. SpAn. FIPMUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Mar 2018 16:34
Last Modified: 04 Mar 2018 16:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70358
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item