ARIF RAHMAN, 040114093 E (2006) PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN BANK JATIM CABANG UTAMA DI SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-rahmanarif-2922-b18506-k.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7056.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pemasaran internal dalam jasa dikenal sebagai kegiatan penting dalam memberikan kontribusi pada unsur orang "karyawan" dalam bauran pemasaran jasa dan dalam mengembangkan organisasi yang berfokus-pelanggan. Gagasan dibalik pemasaran internal adalah untuk memastikan bahwa semua anggota staf memberikan kontribusi terbaik bagi kegiatan-kegiatan pemasaran perusahaan. Didalam kerangka kerja internal marketing mengandung tiga dimensi yaitu, (1) Vision adalah suatu pandangan atau pedoman yang dijadikan pegangan oleh perusahaan atau organisasi dalam mencapa tujuan yang telah direncanakan (2) Development adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan perusahaan didalam mengembangkan kinerja karyawan agar lebih baik lagi seperti pelatihan kerja, keikutsertaan dalam seminar, dan pengembangan pendidikan, (3) Reward adalah sesuatu yang diberikan organisasi kepada anggota yang berprestasi seperti insentive, kedudukan, fasilitas kendaraan kantor dan fasilitas lainnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penerapan internal marketing yang meliputi vision, development, dan Reward secara bersama-sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisational pada karyawan Bank Jatim cabang utama di Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari bagian teller 10 orang, pelayanan nasabah 10 orang, payment point 6 orang, penyelia pemasaran 5 orang, kredit kecil dan program 5 orang, penyelia luar negeri 4 orang, penyelia umum & SDM 6 orang, penyelia akutansi 4 orang, sehingga totalnya berjumlah 50 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Analisa data yang digunakan dengan metode kuantitatif yaitu analisa regresi linier berganda dengan uji F dan uji t sebagai alat pengujian hipotesis. Setelah dilakukan perhitungan statistik diperoleh model regresi sebagai berikut : Y = 0,806 + 0,250 XI + 0,251 X2 + 0,266 X3. Hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung (29,407) dengan probabilitas 0,000 (P< 0,05), berarti vision (X1), development (X2), dan reward (X3) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi (Y). Pengujian hipotesis secara parsial memberikan hasil bahwa vision (X1), development (X2), dan reward (X3) berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi (Y), karena masingmasing variabel bebas memiliki nilai t hitting sebesar 2,737; 2,317; 2,549 yang lebih besar dari t tabel 2,0195. Dari keempat variabel tersebut ternyata variabel vision memiliki pengaruh yang dominan terhadap komitmen organisasi karena r-2 reward sebesar 37,4% lebih besar daripada variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 185/06 Rah p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | AUDITING, INTERNAL; ORGANIZATIONAL BEHAVIOR; PERSONNEL MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2017 00:24 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7056 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |