PENGARUH IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP REPUTASI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 8 SURABAYA

MAHMUDI MA’RUF, 071411531024 (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP REPUTASI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 8 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.26 18 Mar p.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.26 18 Mar p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap reputasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya. Praktisi Public Relations berperan dalam melaksanakan pengelolaan reputasi yang menjadi aset perusahaan. Sebagai BUMN operator transportasi kereta api di Indonesia, reputasi yang baik bagi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) penting untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan demi menggerakkan roda perekonomian nasional dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh dari implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap reputasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa layanan kereta api penumpang pada tahun 2016. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah random sampling dengan teknik cluster sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Taro Yamane. Data diolah menggunakan uji analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 23. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe eksplanatif dan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pengguna jasa layanan angkutan kereta api. Data dianalisis dan diukur berdasarkan prinsipprinsip Good Corporate Governance Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER- 01/MBU/2011 pasal 3. Reputasi perusahaan diukur melalui Reputation Quotient Fombrun dan juga dielaborasi menggunakan peran Public Relations dalam mengelola reputasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan arah hubungan antara variabel implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance dengan reputasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya bersifat positif. Selain itu, terdapat pengaruh signifikan dan korelasi kuat antara implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance dengan reputasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.26/18 Mar p (JURNAL TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Reputasi Perusahaan, Pengelolaan Reputasi, Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MAHMUDI MA’RUF, 071411531024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Mar 2018 21:40
Last Modified: 11 Mar 2018 21:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item