PEREMPUAN DAN OLAHRAGA : FEMININITAS HEGEMONIK PADA ANGGOTA PEREMPUAN GOLD’S GYM GRAND CITY SURABAYA

MEGA HAYUNINGTYAS ERWANTI, 121414153031 (2018) PEREMPUAN DAN OLAHRAGA : FEMININITAS HEGEMONIK PADA ANGGOTA PEREMPUAN GOLD’S GYM GRAND CITY SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Gold’s Gym Grand City Surabaya dengan responden yang terdiri dari anggota perempuan di gym tersebut. Responden yang merupakan sumber data utama dalam penelitian ini adalah anggota perempuan di Gold’s Gym Grand City Surabaya. Peneliti tidak memberikan batasan-batasan pada berapa lama mereka menjadi anggota di gym tersebut karena fokus peneliti adalah pada perspektif mereka mengenai gender dalam menentukan program olahraga. Kerangka teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah femininitas hegemonik yang merupakan sebuah konsep alternatif dalam menjelaskan hubungan femininitas, maskulinitas dan hegemoni gender. Femininitas hegemonik ini diambil dari kerangka pemikiran beberapa penelitian terdahulu misalnya yang dilakukan oleh Krane (2001) dan Schippers (2006). Dengan memperhatikan juga beberapa pemikiran mengenai gender serta pemikiran Connell mengenai maskulinitas agar mampu menjelaskan hubungan-hubungan dan hirarki di dalam gender. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa adanya keterkaitan antara perspektif gender dengan pemilihan program olahraga di gym oleh anggota perempuan bekerja dalam sistem femininitas hegemonik yang sebenarnya melegitimasi dominasi laki-laki. Selanjutnya penelitian ini memberikan pemahaman mengenai gender dalam keterkaitannya dengan olahraga bahwa keterkaitan tersebut bersifat kompleks dimana di dalamnya terdapat hubungan yang hirarkis antara yang feminin dan yang maskulin.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TKSB 19/18 Erw
Uncontrolled Keywords: gender, olahraga, femininitas hegemonic, gym
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
MEGA HAYUNINGTYAS ERWANTI, 121414153031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurwulan, Dra.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 19:48
Last Modified: 27 Mar 2018 19:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item