DETERMINAN PERILAKU AUDITOR INTERNAL PEMERINTAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM AUDIT DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris Aparat Pengawas Internal Pemerintah di Kalimantan Selatan)

Sarwani, 090810751 (2016) DETERMINAN PERILAKU AUDITOR INTERNAL PEMERINTAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM AUDIT DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris Aparat Pengawas Internal Pemerintah di Kalimantan Selatan). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. E. 09-18 Sar d Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. E. 09-18 Sar d.pdf
Restricted to Registered users only until 19 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji model perilaku disfungsional auditor dan kualitas audit dengan mengintegrasikan karakteristik individual auditor yakni; locus of control dan komitmen profesional multi-dimensi, dan karateristik organisasi/penugasan yakni; tekanan anggaran waktu. Model perilaku disfungsional auditor yang diuji adalah perilaku audit quality redaction behavior dan underreporting of time serta konsekuensi terhadap kualitas audit. Secara spesifik penelitian ini menguji; (1) pengaruh locus of control, dimensi komitmen profesional (afektif, kontinu dan normatif) serta tekanan anggaran waktu terhadap perilaku disfungsional auditor, (2) pengaruh perilaku disfungsional auditor terhadap kualitas audit, dan (3) pengaruh langsung locus of control, komitmen profesional (afektif, kontinu dan normatif) dan tekanan anggaran waktu terhadap kualitas audit. Penelitian dilakukan dengan metode survey pada auditor yang bekerja pada BPKP perwakilan dan Inspektorat provinsi, kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Unit analisis adalah individu auditor pada semua posisi dikategorikan pada level manajemen yaitu: atas, menengah, dan bawah. Sampel studi ini sebanyak 210 auditor yang bekerja di BPKP perwakilan dan 14 instansi Inspektorat provinsi/Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan. Analisis data dilakukan denganAnalisa Jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan locus of control eksternal berpengaruh positif signifikan dengan perilaku disfungsional audit quality redaction behavior, tetapi dengan perilaku underreporting of time tidak signifikan. Komitmen profesional afektif berpengaruh terbalik dengan perilaku disfungsional audit quality redaction behavior, tetapi pengaruhnya dengan perilaku underreporting of time tidak signifikan. Pengaruh komitmen profesional normatif terhadap perilaku audit disfungsional baik audit quality redaction behavior dan underreporting of time signifikan dengan arah negatif. Pengaruh komitmen profesional kontinu terhadap perilaku disfungsional audit quality redaction behavior signifikan dengan arah negatif, tetapi dengan perilaku underreporting of time tidak signifikan. Tekanan anggaran waktu berpengaruh tidak signifikan dengan perilaku disfungsional audit quality redaction behavior, tetapi dengan perilaku underreporting of time signifikan dengan arah positif. Selanjutnya perilaku disfungsional audit quality redaction behavior berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan arah negatif, tetapi dengan perilaku underreporting of time tidak signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan karakteristik individual auditor yakni; locus of control dan komitmen profesional multi-dimensi secara langsung tidak signifikan, sedangkan tekanan anggaran waktu terhadap kualitas audit berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. E. 09-18 Sar d
Uncontrolled Keywords: Kualitas Audit, Komitmen Profesional Multi-Dimensi, Locus of Control, Perilaku Disfungsional Auditor, dan Tekanan Anggaran Waktu.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
Sarwani, 090810751UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksamana, Prof. Dr., SE.,CPA.,AkUNSPECIFIED
Thesis advisorDian Agustia, Prof. Dr. Hj., M.Si.,Ak.,CMA.,CA,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Apr 2018 16:26
Last Modified: 22 Apr 2018 20:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71874
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item