ANALISIS PENGARUH FAKTOR � FAKTOR KARAKTERISTIK DALAM SISTEM KOMPENSASI FINANSIAL DAN PROMOSI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK KARYAWAN PT. ITC AUTO MULTI FINANCE SURABAYA

YOHANES PARULIAN, 040630897 (2011) ANALISIS PENGARUH FAKTOR � FAKTOR KARAKTERISTIK DALAM SISTEM KOMPENSASI FINANSIAL DAN PROMOSI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK KARYAWAN PT. ITC AUTO MULTI FINANCE SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-parulianyo-13039-b25710-a.pdf

Download (908kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-parulianyo-13039-b25710-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, suatu perusahaan tentunya membutuhkan berbagai sumber daya, seperti modal, material dan mesin. Perusahaan juga membutuhkan sumber daya manusia, yaitu para karyawan. Karyawan merupakan sumber daya yang penting bagi perusahaan, karena memiliki bakat, tenaga dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya, sumber daya manusia juga mempunyai berbagai macam kebutuhan yang ingin dipenuhinya. Keinginan untuk memenuhi kebutuhan inilah yang dipandang sebagai pendorong atau penggerak bagi seseorang untuk melakukan sesuatu, termasuk melakukan pekerjaan atau bekerja. Berdasarkan dari beberapa pernyataan dan teori, kompensasi, baik itu kompensasi finansial maupun promosi, merupakan faktor pendorong yang terkuat dan krusial dari berbagai macam teknik motivasional yang ada. Kompensasi yang diberikan kepada karyawan haruslah efektif. Untuk mencapai kesempurnaan program kompensasi yang efektif, perusahaan sebaiknya melandaskan program kompensasi tersebut berdasarkan tiga aspek karakteristiknya, yaitu transparency, fairness, dan controllability. Diharapkan dalam pemberian program kompensasi yang berlandaskan ketiga karakteristik tersebut, maka karyawan akan semakin termotivasi sehingga tujuan perusahaan pun tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketiga karakteristik tersebut terhadap motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik karyawan PT. ITC Auto Multi Finance Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. ITC Auto Multi Finance Surabaya yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling atau sensus. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda dengan uji hipotesis uji F dan uji t. Berdasar perhitungan, didapat ada pengaruh secara bersama-sama antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh positif secara parsial antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). Hal ini dapat dinyatakan dalam hasil persamaan regresi Y1 = 8,132 + 0,529 X1 + 0,298X2 + 0,378 X 3 untuk motivasi intrisik, dan Y2 = 6,304 + 0,459 X1 + 0,193X2 + 0,627 X 3 untuk motivasi ekstrinsik.Variabel faktor transparency (X1) memiliki pengaruh dominan terhadap variabel terikat, baik itu dominan terhadap motivasi intrinsik (Y1) maupun motivasi ekstrinsik (Y2)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 257/10 Par a
Uncontrolled Keywords: COMPENSATION MANAGEMENT; INTRINSIC MOTIVATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
YOHANES PARULIAN, 040630897UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNURI HERACHWATI, Dra. Ec., M.Si., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 04 Mar 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 05:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/720
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item