NURUL FITRIYANTI, 040318079 (2008) PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI DIPLOMA III MANAJEMEN PEMASARAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-fitriyanti-9121-b80_08.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7239 depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (FULL TEXT)
7239 lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku pelajar berdasarkan kepnbadian terhadap prestasi akademik mahasiswa. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima (5) faktor kepribadian dari The Big Five yaitu Extraversion (X1), Neuroticisrn (X2), Agreerahleness (X3), Conscientiousness (X1) dan Openness To Experience (X5). Adapun variabel terikatnya adalah Prestasi Akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menekankan pada pengujian hipotesis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepribadian terhadap prestasi akademik mahasiswa baik secara simultan maupun secara parsial, serta untuk mengetahui fak-tar kepribadian manakah yang berpengaruh dominan terhadap pencapaian prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada Fakultas Ekonomi Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran Universitas Airlangga. Responden yang digunakan adalah mahasiswa Diploma III Manajemen Pemasaran dengan mengambil sampel sebanyak 155 orang dari jumlah mahasiswa sebanyak 275 orang dengan batasan jumlah responden hanya untuk mahasiswa tahun angkatan 200512006 dan 200612007. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dimana pengerjaannya dilakukan dengan program komputer SPSS 15.0 dengan hasil persamaan regresi Y = 1,555 -0,155X1 - 0,003X2 + 0,020X; + 0,954X1 + 0,384X; Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa 5 trait kepribadan Big Five mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa secara simultan terbukti kebenarannya. Sedangkan hipotesis yang menyatakan bahwa extraversion, neuroticism, agreeableness, conscientiouness dan openness to experience berpengaruh secara parsial tidak terbukti kebenarnnya, hal ini disebabkan terdapat 3 variabel yaitu extraversion, neuroticism dan agreeableness yang masingmasing tidak menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian prestasi akademik mahasiswa. Besarnya koefisien determinasi berganda (R2) sebesar 0,224 menunjukkan hanya sebesar 22,4% saja perubahan variabel prestasi akademik mahasiswa disebabkan oleh kepribadian mereka. Sisanya sebesar 77,6% disebabkan oleh variabel lain diluar variabel bebas yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 80/08 Fit p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PSYCHOLOGY - STUDY AND TEACHING; MOTIVATION IN EDUCATION | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality Q Science > Q Science (General) > Q181-183 Study and Teaching |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2009 12:00 | ||||||
Last Modified: | 21 Jun 2017 21:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7239 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |