STUDI KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA KERANG KAMPAK (Atrina pectinata) HASIL TANGKAPAN NELAYAN KENJERAN, SURABAYA

TRI SUDARSONO (2018) STUDI KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA KERANG KAMPAK (Atrina pectinata) HASIL TANGKAPAN NELAYAN KENJERAN, SURABAYA. Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.55-18 Sud s ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.55-18 Sud s SKRIPSI.pdf

Download (877kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerang kampak (Atrina pectinata) menjadi salah satu produk ekspor yang dapat diandalkan. Banyaknya industri dan bertambahnya aktivitas manusia di berbagai sektor kehidupan mengakibatkan pencemaran lingkungan terhadap perairan semakin meningkat. Jenis limbah seperti limbah organik, dan anorganik (sampah) inilah yang menyebabkan sistem perairan menjadi tercemar. Pencemaran perairan akan mengakibatkan biota di perairan terkontaminasi logam berat terutama kerang. Ukuran kerang dapat mempengaruhi konsentrasi logam berat dalam tubuhnya, ukuran cangkang yang besar berkorelasi positif dengan meningkatnya umur dan meningkatnya umur juga berkorelasi positif dengan meningkatnya konsentrasi logam berat pada tubuh. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui kandungan timbal (Pb) pada kerang kampak (Atrina pectinata) di perairan kenjeran.Untuk mengetahui korelasi antara ukuran kerang kampak (Atrina pectinata) dengan kandungan timbal (Pb) pada kerang kampak (Atrina pectinata) di perairan kenjeran Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi yang dilakukan di perairan Kenjeran, Surabaya dengan melakukan pengambilan sampel yang selanjutnya akan diperiksa di laboratorium berdasarkan ukuran kerang yaitu ukuran kecil (panjang < 26 cm), sedang (panjang = 26-37 cm) dan besar (panjang > 37 cm). Kandungan timbal pada kerang kampak dari perairan Kenjeran, Surabaya disajikan secara deskriptif dan data yang didapatkan dibandingkan dengan nilai batas maksimum cemaran logam berat pada kerang. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa terdapat kandungan timbal (Pb) pada kerang kampak (Atrina pectinata) di perairan Kenjeran, Surabaya berdasarkan ukuran yang berbeda yaitu Besar 1,147 mg/kg, Sedang 0,133 mg/kg, kecil 0,084 mg/kg. Hasil perhitungan hubungan kandungan timbal (Pb) pada kerang kampak dengan ukuran yang berbeda memiliki nilai korelasi sebesar 0,618 atau memiliki hubungan yang kuat antara ukuran yang berbeda pada kerang dengan kandungna logam berat pada kerang tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KKC KK PK.BP.55/18 Sud s
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
TRI SUDARSONO141111105
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorKustiawan Tri Pursetyo, S.Pi., M.Vet.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:38
Last Modified: 18 Oct 2023 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item