PENGARUH MODAL PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL CAPITAL) TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (SUBJECTIVE WELL-BEING) PELAKU WIRAUSAHA DI DOMINION STORE

APRILIAN FARIHATUSY SYIFA, 111211131037 (2018) PENGARUH MODAL PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL CAPITAL) TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (SUBJECTIVE WELL-BEING) PELAKU WIRAUSAHA DI DOMINION STORE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PSI.98 18 Syi P.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PSI.98 18 Syi P.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal psikologis terhadap kesejahteraan subjektif pelaku wirausaha Di Dominion Store. Kesejahteraan subjektif dijelaskan sebagai evaluasi subyektif seseorang mengenai kehidupannya, mencakup kepuasan menyeluruh terhadap hidup yang ditandai dengan tingginya afek positif dan rendahnya afek negatif (Diener, 1984). Modal psikologis adalah keadaan psikologis positif seseorang yang memiliki karakteristik: memiliki kepercayaan diri untuk berusaha mengerjakan tugas-tugas yang menantang; memiliki atribusi positif tentang kesuksesan saat ini dan di masa depan; memiliki harapan yang tinggi dan memiliki alternative-alternatif cara untuk mencapai tujuannya; tidak mudah terperangkap oleh keterpurukan ketika dihadapkan pada permasalahan atau halangan yang menghampiri hidupnya bahkan lebih bersemangat dalam meraih kesuksesan (Luthans, dkk., 2007). Metode yang digunakan adalah survey menggunakan kuesioner psikologis, dimana variabel kesejahteraan subjektif diukur menggunakan SWLS (Satisfaction with Life Scale) dan variabel modal psikologis menggunakan Psychological Capital Questionnaire (PCQ). Variabel ini diujikan pada 39 wirausaha di Dominion Store. Adapun metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara modal psikologis terhadap kesejahteraan subjektif pelaku wirausaha Di Dominion Store. Hasil analisis menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai R sebesar 0,548 yang berarti hasil dari penelitian ini signifikan. Prosentase besar pengaruh R2 modal psikologis terhadap kesejahteraan subjektif sebesar 30,1%. Persamaan garis regresi yang diperoleh yaitu Y= 0,745+0,213X. Hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan tingkat modal psikologis akan meningkatkan kesejahteraan subjektif seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.98/18 Syi p
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Subjektif, Modal Psikologis, Wirausaha
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
APRILIAN FARIHATUSY SYIFA, 111211131037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCholichul Hadi, Prof. Dr. Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 21:36
Last Modified: 10 Jul 2018 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item