I B WAHYU KRISNA DWIPAYANA, 0470117258 (2008) PENGARUH FAKTOR LIGKUNGAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN MELALUI EMOTIONAL STATE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING KUDETA CAFE & RETAURAN BALI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-dwipayanai-9642-b178_08.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7318a.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring dengan semakin ketatnya persaingan bisnis jasa dalam bentuk retail, diperlukan alternatif penciptaan keunggulan bersaing yang tidak hanya dapat mempengaruhi pelanggan secara kognitif, namun juga secara afektif atau emosional. Lingkungan fisik dari jasa yang berbentuk retail, dapat digunakan sebagai media untuk penciptaan pengalaman penggunaan jasa yang berpengaruh pada perilaku pelanggan selama berada di lingkungan jasa retail tertentu Lingkungan fisik yang terdiri dari faktor desain, faktor sosial dan faktor ambient dapat berperan sebagai stimuli yang menghasilkan berbagai rangsangan dan mempengaruhi perilaku pembelian dari konsumen selama berada di dalam lingkungan tersebut. Perilaku pembelian yang terjadi diperoleh melalui proses internal dan intervening antara stimuli eksternal yang dimiliki konsumen dan tindakan, reaksi ataupun hasrat untuk bertindak, hal ini disebut "emotional state". Pemasar perlu memahami bagaimana perilaku dari pelanggan potensial dapat dipengaruhi oleh emotional states, dimana dalam tujuannya untuk menciptakan pengalaman yang menyentuh emosi dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, fungsi elemen lingkungan fisik dan faktor-faktor di dalamnya yang dapat merangsang dan menjaga reaksi emosi yang positif dari pelanggan menjadi sangat penting. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan pada jasa retail yang memiliki lingkungan kompleks atau elaborate service, dan lingkungan Kudeta cafe & retaurant digunakan sebagai representasi dari jasa retail yang kompleks tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk dapat memahami bagaimana lingkungan fisik cafe Kudeta mempengaruhi emotional state dari pengunjung cafe dan kemudian dapat menjadi determinan dari perilaku pembelian dari pengunjung. Sebagai basil dari penelitian ini, dapat ditarik beberapa konklusi yang menjadi dasar dalam mengajukan beberapa saran yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pengimplementasian faktor lingkungan sebagai media untuk merangsang respon emosi pengunjung cafe Kudeta dan mempengaruhi perilaku mereka sebagai strategi pemasaran alternatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 178 08 Dwi p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 01 Jun 2009 12:00 | ||||||
Last Modified: | 05 Jul 2017 19:42 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7318 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |