PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIK, KETERLIBATAN ORANG TUA, RELASI DENGAN GURU, PERSAHABATAN DAN IKLIM SEKOLAH SEBAGAI PREDIKTOR KESEHATAN MENTAL ANAK USIA SEKOLAH TERHADAP CAPAIAN AKADEMIK ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SURABAYA

DIANDY ADELIA SUTANTO, 111311133121 (2018) PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIK, KETERLIBATAN ORANG TUA, RELASI DENGAN GURU, PERSAHABATAN DAN IKLIM SEKOLAH SEBAGAI PREDIKTOR KESEHATAN MENTAL ANAK USIA SEKOLAH TERHADAP CAPAIAN AKADEMIK ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.106 18 Sut p.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.106 18 Sut p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri akademik, keterlibatan orang tua, relasi dengan guru, persahabatan dan iklim sekolah terhadap capaian akademik IPA pada siswa Sekolah Menengah Pertama di Surabaya. Kemampuan matematika didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan pengetahuan, mengidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan sebelum mengambil keputusan (PISA, 2000). Upaya peningkatan capaian akademik IPA dipengaruhi faktor nonkognitif, yaitu faktor demografik dan faktor ekologi (Mohammadpur, 2013; Needham, Crosnoe & Muller, 2004). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan adaptasi skala Middle Years Development Instrument untuk melihat faktor ekologi yang mampu mempengaruhi capaian akademik IPA, yaitu konsep diri akademik IPA, keterlibatan orang tua, relasi dengan guru, persahabatan dan iklim sekolah (Mohammadpur, 2013). Sampel penelitian ini sebanyak 905 siswa dari tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri kawasan Surabaya. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik korelasi pearson dan regresi multivariat hierarkis dengan bantuan SPSS. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh konsep diri akademik IPA, kritik orang tua, relai dengan guru dan iklim sekolah terhadap capaian akademik IPA. Sedangkan dukungan orang tua dan persahabatan tidak ditemukan pengaruh yang signifikan terhadap capaian akademik IPA. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa konsep diri akademik IPA, keterlibatan orang tua, relasi dengan guru, persahabatan dan iklim serta faktor demografik memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap kemampuan matematika sebesar 20,3% (p<0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.106/18 Sut p
Uncontrolled Keywords: capaian akademik IPA, konsep diri akademik IPA, keterlibatan orang tua, relasi dengan guru, persahabatan, iklim sekolah, siswa SMP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K625-709 Persons
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DIANDY ADELIA SUTANTO, 111311133121UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMargaretha, S.Psi., P.G. Dip.Psych., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 30 Jul 2018 16:32
Last Modified: 30 Jul 2018 16:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73196
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item