HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN KECENDERUNGAN GANGGUAN MAKAN PADA REMAJA PUTRI YANG MENGIKUTI KEGIATAN TARI

ENDAH PALUPI SETYANINGTYAS, 111311133071 (2018) HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN KECENDERUNGAN GANGGUAN MAKAN PADA REMAJA PUTRI YANG MENGIKUTI KEGIATAN TARI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.130 18 Set h.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.130 18 Set h.pdf
Restricted to Registered users only until 31 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai citra tubuh remaja putri yang mengikuti kegiatan tari dan hubungannya dengan kecenderungan terhadap gangguan makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara citra tubuh dengan kecenderungan gangguan makan pada remaja putri yang mengikuti kegiatan tari. Remaja seringkali menyalurkan bakat dan minatnya, salah satunya dengan mengikuti kegiatan tari. Stigma tentang penari bahwa penari harus kurus mendorong remaja yang mengikuti kegiatan tari untuk menurunkan berat badan. Citra tubuh secara umum dibagi menjadi 2, yaitu citra tubuh positif dan citra tubuh negatif, sedangkan gangguan makan dalam penelitian ini mencakup anorexia nervosa dan bulimia nervosa. Anorexia nervosa merupakan gangguan makan yang menyebabkan penderitanya menahan lapar dengan tujuan untuk menurunkan berat badan dan menjadi kurus, sedangkan bulimia nervosa adalah gangguan makan serius yang menyebabkan penderitanya memiliki siklus makan yang berbahaya dengan makan berlebihan dan mengeluarkannya kembali. Penelitian dilakukan pada remaja putri yang mengikuti kegiatan tari yang berusia antara 12 hingga 21 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik sampling snowball dan didapatkan sebanyak 39 orang berusia antara 15 hingga 21 tahun yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, antara lain Bali, Bandung, DKI Jakarta, Jogjakarta, Kediri, Malang, Palembang, Ponorogo, Sidoarjo, Surabaya,dan Tulungagung. Tiga puluh sembilan subyek tersebut mengikuti kegiatan tari yang berbeda-beda jenis, antara lain cheerleader, cover dance, hiphop dance, tari saman, dan tari tradisional. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Spearman-rho, dengan bantuan program statistik SPSS versi 25. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara citra tubuh dengan gangguan makan sebesar -0,400 dengan p sebesar 0,012. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif pada citra tubuh dan kecenderungan gangguan makan pada remaja putri yang mengikuti kegiatan tari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.130/18 Set h
Uncontrolled Keywords: citra tubuh, gangguan makan, remaja, penari
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1111-1156 Hypnotism, Suggestion, Mesmerism, Subliminal Projection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ENDAH PALUPI SETYANINGTYAS, 111311133071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Hartini, Dr. S.Psi., M.Kes., Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 12 Aug 2018 18:35
Last Modified: 12 Aug 2018 18:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item