PROSES PENCAPAIAN HAPPINESS PADA PASANGAN SUAMI DAN ISTRI YANG MENGALAMI INVOLUNTARY CHILDLESS

BRINA DITA LESTARI, 111311133063 (2018) PROSES PENCAPAIAN HAPPINESS PADA PASANGAN SUAMI DAN ISTRI YANG MENGALAMI INVOLUNTARY CHILDLESS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.161 18 Les p.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.161 18 Les p.pdf
Restricted to Registered users only until 3 September 2021.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pencapaian happiness pada pasangan suami dan istri yang mengalami involuntary childless. Penelitian ini menggunakan perspektif teori happiness menurut Seligman (2004) yang menyatakan bahwa happiness adalah sejauh mana individu dapat merasakan emosi positif dan menikmati kehidupannya. Partisipan pada penelitian ini adalah dua pasang suami dan istri yang mengalami keadaan involuntary childless. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara,rekap dokumen, dan catatan lapangan.Untuk menjamin kebenaran dari data penelitian, peneliti menggunakan member checking, yaitu proses pengecekan data yang diperoleh oleh peneliti kepada pemberi data, ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh data yang diperoleh sesuai dengan apa yang diberikan oleh pemberi data atau informan. Analisis data yang digunakan adalah data analisis data tematik. Dari hasil analisis dua pasangan partisipan penelitian, menunjukkan bahwa proses yang dilalui kedua pasangan involuntary childless dalam mencapai kebahagiaan terjadi dalam kurun waktu satu hingga empat tahun. Dalam proses menuju kebahagiaan menunjukkan bahwa emosi positif pada pasangan involuntary childless berdampak positif terhadap komponen kebahagiaan dalam proses mencapai happiness pada pasangan involuntary childless. Selain itu, faktor yang mempengaruhi proses mencapai happiness adalah adanya dukungan sosial dari keluarga dan faktor spiritual (pendekatan dengan Tuhan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.161/18 Les p
Uncontrolled Keywords: Happiness, suami dan istri, involuntary childless
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology > HV6035-6197 Criminal anthropology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
BRINA DITA LESTARI, 111311133063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVeronika Suprapti, Dra., M.S.Ed., Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Sep 2018 14:24
Last Modified: 03 Sep 2018 14:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73811
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item