PERBEDAAN KONSEP DIRI AKADEMIK PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH INKLUSI DAN SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA SURABAYA

RIZKIA RUHMA, 111111143 (2018) PERBEDAAN KONSEP DIRI AKADEMIK PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH INKLUSI DAN SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Psi.165 18 Ruh p.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Psi.165 18 Ruh p.pdf
Restricted to Registered users only until 3 September 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan konsep diri akademik antara siswa tunarungu di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa di Surabaya. Konsep diri akademik berkembang melalui interaksi dengan lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada 24 siswa tunarungu dengan rentang usia antara 16 hingga 20 tahun yang terdiri atas 12 siswa dari SMKN 8 Surabaya dan SMAN 10 Surabaya sebagai partisipan dari sekolah inklusi dan 2 siswa dari SMALB-B Karya Mulia Surabaya sebagai partisipan dari sekolah luar biasa. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Academic Self- Concept Questionnaire (ASCQ) oleh Liu & Wang (2005). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik statistik parametrik, independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi perbedaan antara konsep diri akademik siswa tunarungu di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa sebesar 0,021 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan konsep diri akademik antara siswa tunarungu yang berada di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.165/18 Ruh p
Uncontrolled Keywords: konsep diri akademik, siswa tunarungu, sekolah inklusi, sekolah luar biasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKIA RUHMA, 111111143UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuryantinah Mulyo Handayani, Mpsych (Ed&Dev), Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Sep 2018 14:39
Last Modified: 03 Sep 2018 14:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item