OCTANITA, 04063151 (2010) PENGARUH ORIENTASI PELAYANAN TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN DEPARTEMEN PERAWAT DENGAN MENGGUNAKAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH SAKIT ONKOLOGI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-octanita-15015-kkbkkb-k.pdf Download (81kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7388.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
Abstract
Persaingan dunia usaha menuntut fleksibilitas perusahaan dalam merespon berbagai perubahan lingkungan dalam dunia usaha yaitu melalui perbaikan pola perilaku dan sikap kerja para karyawan. Para karyawan (profesional) berperan penting dalam memberikan kontribusinya secara optimal kepada perusahaan, jika faktor-faktor yang karyawan anggap penting di dalam kehidupan dirinya dipenuhi juga oleh perusahaan melalui peningkatan orientasi pelayanan, peningkatan kepuasan kerja karyawan, sehingga tercipta komitmen yang kuat antara karyawan dengan perusahaan. Kemampuan bersaing sebuah perusahaan ditentukan oleh orientasi pelayanan untuk mempertemukan harapan konsumen dengan tujuan perusahaan, dengan meningkatkan hasil kerja karyawan, implementasi program kerja internal yang efektif, dan pemeliharaan dukungan dari pimpinan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pelayanan di Rumah Sakit Onkologi Surabaya terhadap komitmen karyawan bagian keperawatan dengan menempatkan kepuasan kerja sebagai variabel intervening untuk mengetahui akibat langsung dan tidak langsung variabel orientasi pelayanan dan kepuasan kerja sebagai variabel penyebab, terhadap variabel akibat yaitu komitmen karyawan pada bagian keperawatan Rumah Sakit Onkologi Surabaya. Banyaknya populasi dalam penelitian ini sebesar 40 karyawan. Pengambilan sampel menggunakan studi sensus karena semua populasi dijadikan sampel penelitian. Persamaan hasil penelitian ini adalah: Z = 0,388 X + ε1 Y = 0,256 Z + ε2 Y = 0,591 X + ε3 Hasil penelitian variabel orientasi pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen perawat di Rumah Sakit Onkologi Surabaya, sedangkan kepuasan kerja sebagai variabel intervening tidak berpengaruh kepada orientasi pelayanan terhadap komitmen perawat di Rumah Sakit Onkologi Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK B 480/10 Oct p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | JOB SATISFACTION; CUSTOMER SERVICE | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Sheli Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2017 23:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7388 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |