EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN JUMLAH MURID DI SEKOLAH XYZ SURABAYA

LELYS CRISTINA, 041524353051 (2018) EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN JUMLAH MURID DI SEKOLAH XYZ SURABAYA. Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak1.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2021.

Download (2MB)

Abstract

Semakin berkembangnya dunia pendidikan, pilihan sekolah saat ini sangat banyak dan saling bersaing untuk menarik perhatian masyarakat. Sekolah Dasar XYZ merupakan sekolah yang sudah berdiri kurang lebih 18 tahun. Semakin banyaknya sekolah baru yang bermunculan maka semakin banyak juga sekolah yang menjadi pesaing bagi SD XYZ. SD XYZ merupakan sekolah yang dapat mememnuhi jumlah kuota murid yang sudah ditetapkan, akan tetapi dalam kurang lebih 4 tahun terakhir sejak 2014 SD XYZ mengalami penurunan jumlah murid yang berarti bahwa minat masyarakat untuk mendaftar di SD XYZ mengalami penurunan. Penurunan jumlah murid sangat menjadi perhatian karena penurunan murid di SD XYZ akan sangat mempengaruhi biaya operasional sekolah. Berangkat dari permasalahan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab menurunnya murid di SD XYZ. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan berasal dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dari pegawai sekolah XYZ dan beberapa pelanggan dan kompetitor. Analisa dilakukan dengan menggunakan diagram tulang ikan dan divalidasi dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi penyebab menurunnya jumlah murid di SD XYZ disebabkan oleh dua faktor yaitu, faktor eksternal dan faktor internal. Adapun penyebab faktor internal meliputi : 1) Lahan terbatas, 2) kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, 3) kualitas layanan guru semakin menurun, 4) kegiatan promosi yang dilakukan sangat jarang dan kurang agresif dan 5) lokasi tidak strategis dan 6) harga biaya pendidikan mahal. Sedangkan penyebab dari faktor eksternal yaitu : 1) semakin banyaknya pesaing dalam dunia pendidikan yang memberikan penawaran yang lebih menarik dengan harga yang lebih rendah, dan 2) adanya kehadiran sekolah dengan label internasional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 66/18 Cri e
Uncontrolled Keywords: schools competition, fish bone diagram, internal factors, external factors.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4700-4705 Government measures in time of war, national emergency, or economic crisis
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
LELYS CRISTINA, 041524353051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTanti Handriana, Dr. , SE M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 15:33
Last Modified: 03 Oct 2018 15:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item