PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT DENGAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR DI PT. “X”

MAHENDRA MURTI, 041424353025 (2018) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT DENGAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR DI PT. “X”. Thesis thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2021.

Download (2MB)

Abstract

Budaya organisasi, perceived organizational support dan employee engagement, merupakan faktor penting bagi kesuksesan suatu perusahaan untuk mencapai perusahaan kelas dunia. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory yang akan menjelaskan pengaruh budaya organisasi terhadap employee engagement dengan perceived organizational support sebagai variabel mediator melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini diperlukan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai pengaruh budaya organisasi dan perceived organizational support terhadap employee engagement di PT. “X”. Peneliti menganggap penelitian ini penting dan menarik karena PT. “X” pada saat menghadapi permasalahan eksternal (putusnya lisensi penggunaan merek, munculnya pesaing yang kuat dari pendatang baru serta pesaing industri sejenis yang sudah ada), perusahaan harus mengimplementasikan Total Productive Maintenance yang merupakan extra role performance bagi karyawan, di sisi yang lain PT “X” juga mengubah performance management (performance appraisal dipakai untuk kenaikan gaji dan pemberian bonus) yang ditujukan untuk mendukung pencapaian word class organization. Sampel dalam penelitian ini dikumpulkan melalui 152 responden pada suatu perusahaan yang bergerak di industri bahan bangunan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu tipe pemilihan sampel secara tidak acak yang informasinya diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu dimana terdapat kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi sampel penelitian, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan hierarchical regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh secara positif signifikan terhadap employee engagement, budaya organisasi berpengaruh secara positif signifikan terhadap perceived organizational support, perceived organizational support berpengaruh secara positif signifikan terhadap employee engagement serta perceived organizational support memediasi sebagian hubungan budaya organisasi terhadap employee engagement.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 69/18 Mur p
Uncontrolled Keywords: Corporate Culture, Perceived Organizational Support, Employee Engagement, hierarchical regression Analysis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MAHENDRA MURTI, 041424353025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Ekowati, Ph.D,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 15:48
Last Modified: 03 Oct 2018 15:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item