NORMANSYAH, 040419021 (2010) PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP SIKAP PEMIRSA DENGAN MESSAGE INCONGRUITY SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA VERSI KOMENG DAN JORGE LORENZO PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-normansyah-15406-kkbkkb-k.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-normansyah-13906-kkbkkb-p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Periklanan sangat dibutuhkan untuk melakukan rangkaian promosi yang efektif dan efisien. Dalam periklanan terdapat metode endorsement yang menggunakan selebritis sebagai endorser atau membuat suatu karakter yang nantinya dijadikan sebagai endorser dalam menyampaikan pesan produk atau jasa yang diiklankan oleh perusahaan. Seorang endorser haruslah orang yang memiliki kredibilitas yang sangat tinggi dalam penyampaian sebuah pesan. Selain itu endorser juga harus memiliki atribut-atribut yang sangat mempengaruhi iklan yang dibintanginya yang biasa disebut dengan TEARS model. Melihat peranan yang besar dari seorang endorser, maka di dalam pemilihannya harus diperhatikan karena dapat berujung pada sikap pemirsa. Berdasarkan uraian di atas akan diuji pengaruh kredibilitas endorser pada sikap atas iklan produk sepeda motor Yamaha dengan message incongruity sebagai variabel moderator. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif yang lebih menitik beratkan kesimpulan berdasarkan atas pengujian suatu hipotesa dengan didukung oleh data yang akurat. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa S1 universitas Airlangga Surabaya jurusan manajemen yang menyaksikan iklan sepeda motor Yamaha yang menggunakan celebrity spokesperson Komeng sebagai endorser sejumlah 100 responden. Teknik analisa menggunakan analisa regresi moderating interaksi. Hasil analisa regresi moderating disimpulkan bahwa kredibilitas endorser berpengaruh signifikan terhadap sikap atas iklan, sementara itu variabel moderator, yaitu message incongruity, disimpulkan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memoderasi pengaruh kredibilitas endorser terhadap sikap pemirsa atas iklan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK B 516/ 10 Nor p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; ADVERTISING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Sheli Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Oct 2016 07:29 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7443 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |