INOVASI PELAYANAN PUBLIK (Studi tentang Surabaya Intelligent Transport System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Perhubungan Kota Surabaya)

SOPHIE FLORENCE, 071411131064 (2018) INOVASI PELAYANAN PUBLIK (Studi tentang Surabaya Intelligent Transport System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.39 18 Flo i.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.39 18 Flo i.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.39 18 Flo i.pdf

Download (287kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Transportasi telah menjadi bagian penting yang mendukung pembangunan sebuah wilayah. Peningkatan permintaan masyarakat akan kenyamanan dan kelancaran dalam berkendara di jalan raya mendorong pemerintah untuk menciptakan inovasi yang dapat mengatasi permasalahan lalu lintas dalam waktu singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan Surabaya Intelligent Transport System dan kualitas pelayanan di Dinas Perhubungan Kota Surabaya dengan menggunakan lima atribut inovasi dan empat dimensi kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan teori Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, dan Inovasi Pelayanan dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan Surabaya Intelligent Transport System Center. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling bagi pegawai dan accidental sampling bagi penerima layanan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses penyajian data dilakukan dengan mengelompokan dan mengkombinasikan data yang diperoleh serta menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan Surabaya Intelligent Transport System dapat mengurangi kepadatan kendaraan di persimpangan dan waktu tempuh sebesar 20-23 persen, memudahkan kontrol terhadap lampu lalu lintas dan kemacetan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan waktu singkat. Kualitas pelayanan yang baik terlihat pada fasilitas fisik dan alat teknologi sensor yang digunakan, kemampuan petugas melaksanakan pelayanan di ruang kontrol maupun dilapangan serta kemudahan akses informasi lalu lintas melalui situs web dan media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.39/18 Flo i
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Intelligent Transport System.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SOPHIE FLORENCE, 071411131064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Drs., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 09:45
Last Modified: 10 Oct 2018 09:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item