KUALITAS PELAYANAN KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitas Pelayanan Pada Unit Layanan Paspor Maspion Square)

Attina Firdausy, 071411133016 (2018) KUALITAS PELAYANAN KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitas Pelayanan Pada Unit Layanan Paspor Maspion Square). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.41 18 Fir k.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.41 18 Fir k.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.41 18 Fir k.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas pelayanan paspor di Unit Layanan Paspor Maspion Square milik Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya. Tingginya permohonan paspor membuat Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya melakukan sebuah inovasi dengan menambah Unit Layanan Paspor yang letaknya terpisah dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya. Tujuan dibentuknya Unit Layanan Paspor Maspion Square adalah untuk memecah antrian pemohon paspor yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya. Meskipun telah dilakukan pemecahan antrian paspor masih banyak pengaduan masyarakat terkait dengan pelayanan paspor di Unit Layanan Paspor Maspion Square. Untuk mengetahui kualitas pelayanan di Unit Layanan Paspor Maspion Square digunakan lima dimensi pelayanan dari Zeithaml, Berry dan Parasuraman yakni dimensi tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive untuk mendapatkan informasi yang mendalam dari informan yang mengetahui fokus penelitian, dan dilanjutkan dengan teknik snowball. Untuk mendapatkan variasi jawaban peneliti juga menggunakan teknik accidental sampling, yang menjadikan pemohon paspor sebagai informan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pelayanan di Unit Layanan Paspor Maspion Square belum sepenuhnya berkualitas. Hal tersebut ditunjukkan dalam pendalaman setiap dimensi masih ada dimensi yang belum sepenuhnya memenuhi indikator, yakni dimensi tangible (bukti fisik), responsiveness (daya tanggap) dan assurance (jaminan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.41/18 Fir k
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Imigrasi, Unit Layanan Paspor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB2870 Civil service. Employees of state, communal agencies, and religious corporations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Attina Firdausy, 071411133016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, Dr., S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Oct 2018 10:10
Last Modified: 10 Oct 2018 10:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74548
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item