RESPONSIVITAS DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA DAN PEMATUSAN & DINAS KEBERSIHAN DAN RUANG TERBUKA HIJAU DALAM PENANGANAN KELUHAN LAYANAN PUBLIK MELALUI MEDIA CENTER DI KOTA SURABAYA

Achmad Novan Budi S, 071311133073 (2018) RESPONSIVITAS DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA DAN PEMATUSAN & DINAS KEBERSIHAN DAN RUANG TERBUKA HIJAU DALAM PENANGANAN KELUHAN LAYANAN PUBLIK MELALUI MEDIA CENTER DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.59 18 Bud r.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.59 18 Bud r.pdf
Restricted to Registered users only until 11 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.59 18 Bud r.pdf

Download (268kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan responsivitas organisasi perangkat daerah dalam penanganan keluhan layanan publik pada media center di Kota Surabaya. Pelayanan publik merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembangunan. Pada dasarnya semua masyarakat Indonesia membutuhkan layanan publik dalam rangka memnuhi hak dan kebutuhan dasarnya. Penelitian ini merumuskan bagaimana responsivitas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan & Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka hijau Kota Surabaya dalam penanganan keluhan layanan publik melalui media center di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di kantor Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan & Dinas kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya. Informan yang dipilih dalam penelitian adalah staff pelayanan dan masyarakat yang menyampaikan keluhan. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan & Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya cukup responsif, hal ini dikarenakan salah satu indikator ketepatan belum dapat berjalan optimal dalam menangani keluhan masyarakat. Disarankan untuk Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan agar lebih memprioritaskan keluhan yang akan diselesaikan dan untuk Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau agar meningkatkan intensitas komunikasi oleh pihak terkait dalam menyelesaikan keluhan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.59/18 Bud r
Uncontrolled Keywords: Responsivitas, Layanan Publik, Keluhan Masyarakat, Organisasi Perangkat Daerah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Achmad Novan Budi S, 071311133073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNanang Haryono, S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Oct 2018 15:22
Last Modified: 11 Oct 2018 15:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74624
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item