OPTIMALISASI FUNGSI PENGAWASAN OMBUDSMAN PERWAKILAN PROVINSI JAWA TIMUR TERHADAP KANTOR PERTANAHAN KOTA SURABAYA I & II

Clearesta Mahardhika, 071411131042 (2018) OPTIMALISASI FUNGSI PENGAWASAN OMBUDSMAN PERWAKILAN PROVINSI JAWA TIMUR TERHADAP KANTOR PERTANAHAN KOTA SURABAYA I & II. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.65 18 Mah o.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.65 18 Mah o.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.65 18 Mah o.pdf

Download (421kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menggambarkan upaya untuk mengoptimalkan fungsi pengawasan Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Timur terhadap Kantor Pertanahan Kota Surabaya I & II. Penelitian ini di latarbelakangi dengan masih banyaknya laporan pengaduan masyarakat mengenai buruknya pelayanan bidang pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I & II, hal tersebut mengindikasikan bahwa masih lemahnya fungsi pengawasan eksternal penyelenggaraan pelayanan publik yang ada. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan studi dokumen, dan wawancara mendalam. Penentuan informan dilakukan dengan purposive dan snowball yaitu pihak-pihak yang dianggap mengetahui lebih dalam mengenai penelitian ini. Penelitian ini menggunakan 3 komponen proses pengawasan hasil dari elaborasi beerapa ahli yaitu Robert J. Mockler, Maman Ukas, dan George R. Terry. Sehingga komponen yang digunakan peneliti untuk menganalisis meliputi ketelitian penetapkan standar pengawasan, pemantauan pelaksanaan pengawasan, serta penilaian pelaksanaan pengawasan dan menggunakan 12 aspek didalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi fungsi pengawasan Ombudsman Provinsi Perwakilan Jawa Timur terhadap Kantor Pertanahan Kota Surabaya belum terlaksana dengan optimal, terlihat pada 7 aspek dari 12 aspek yang dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan baik yaitu penetapan tujuan pengawasan, penetapan standar fisik, ketersediaan standar waktu, pengawasan secara lisan, pengawasan secara inspeksi, membandingkan standar dengan hasil pengawasan, dan kekritisan dalam menemukan ketidaksesuaian (penyimpangan), dikarenakan masyarakat merasa Ombudsman Perwakilan Jawa Timur belum mampu memenuhi hak-hak masyarakat melalui penyelesaian laporan pengaduan tersebut serta mutu pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pertanahan Kota Surabaya I & II masih belum menunjukkan suatu perubahan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.65/18 Mah o
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pengawasan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Clearesta Mahardhika, 071411131042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPhilipus Keban, S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:24
Last Modified: 12 Oct 2018 08:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74648
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item