PENGALAMAN HIDUP SEBAGAI LESBIAN DI KOTA SURABAYA KUALITATIF FENOMENOLOGI

ACHIDAH NUR SYAHDANA, NIM. 131311133125 (2017) PENGALAMAN HIDUP SEBAGAI LESBIAN DI KOTA SURABAYA KUALITATIF FENOMENOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 132_18 Sya p ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 132_18 Sya p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pengalaman hidup merupakan rangkaian proses yang dilalui seseorang dalam menjalani kehidupannya untuk mendapatkan tujuan dan makna hidup. Pengalaman hidup lesbian bisa menentukan makna hidup dan usaha untuk berubah menjadi individu yang sehat kembali. Metode: penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif studi fenomenologi dengan partisipan berjumlah 8 orang, metode indepth interview. Partisipan merupakan lesbian dengan berbagai jenis pilihan orientasi lesbian yang tinggal di Kota Surabaya. Analisis: analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa fenomenologi. Hasil: Gambaran pengalaman hidup lesbian dituangkan dalam 13 tema yaitu pengakuan sebagai lesbian,makna hidup, pemilihan orientasi seksual lesbian, perasaan menjadi lesbian, perasaan terhadap lawan jenis, sejarah menjadi lesbian, kebutuhan dan harapan hidup lesbian, keinginan untuk berhenti menjadi lesbian, pembagian peran lesbian sebagai ibu rumah tangga, pola aktivitas seksual yang digunakan, pengetahuan tentang dampak buruk ativitas seksual menyimpang, peran komunitas LGBT, dan peran tenaga kesehatan. Diskusi: tiap individu lesbian memiliki pengalaman hidup yang berbeda. Peran lintas sektor sangat berpengaruh dalam upaya mengubah perilaku menyimpang menjadi perilaku yang sehat dan normal kembali. Tenaga kesehatan menjadi salah satu sektor yang sangat berpengaruh dalam proses pengalaman hidup lesbian dalam proses penyembuhan atau kembalinya lesbian ke jalan yang benar. Profesionalisme dan menyamakan sudut pandang menjadi hal yang penting dalam proses keperawatan tersebut sehingga membentuk pengalaman hidup yang positif bagi lesbian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 132/18 Sya p
Uncontrolled Keywords: pengalaman hidup ; lesbian ; peran perawat
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ75-76.8 Homosexuality. Lesbianism
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ACHIDAH NUR SYAHDANA, NIM. 131311133125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNi Ketut Alit S, S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantAh. YusufUNSPECIFIED
ConsultantEsti Yunitasari, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Oct 2018 14:28
Last Modified: 16 Oct 2018 14:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item