PRODUKSI DAN PENYEBARAN INFORMASI DESTINASI WISATA DI KALANGAN BACKPACKER SEBAGAI PEKERJA INFORMASI (INFORMATION WORKER) DI KOTA DENPASAR

Ni Putu Yunia Tamara Dewi, 071611623020 (2018) PRODUKSI DAN PENYEBARAN INFORMASI DESTINASI WISATA DI KALANGAN BACKPACKER SEBAGAI PEKERJA INFORMASI (INFORMATION WORKER) DI KOTA DENPASAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.45 18 Dew p.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.45 18 Dew p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.45 18 Dew p.pdf

Download (570kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan backpacking yang dilakukan oleh para backpacker dewasa ini menjadi sebuah kegiatan yang tidak hanya menjadi sebuah hobi, kesenangan, maupun kegiatan untuk mengisi waktu luang, akan tetapi telah berkembang dan bergeser menjadi sebuah pekerjaan bagi sebagian kalangan backpacker. Pada bulan April 2018, tercatat sebanyak 162.261 orang yang menjadi anggota komunitas Backpacker Indonesia. Jumlah tersebut belum termasuk para backpacker dari komunitas lain dan para backpacker yang tidak tergabung dalam komunitas. Melihat tingginya jumlah pelaku backpacking di Indonesia khususnya Kota Denpasar, serta didukung dengan hadirnya teknologi dan internet, aktivitas para backpacker kini mulai berkembang, mereka tidak hanya melakukan kegiatan berwisata akan tetapi juga membagikan aktivitas dan pengalaman berwisata tersebut di dunia maya. Konsep dari teori Prosumer yang dikemukakan oleh Alfin Toffler dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses konsumsi dan produksi informasi destinasi wisata yang dibagikan oleh para backpacker di Kota Denpasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaktivitas yang terjadi antara para backpacker dengan pengguna website yang mengakses dan menggunakan konten informasi yang diproduksi oleh para backpacker. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi etnografi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih melalui proses reduksi dengan kriteria yang telah ditentukan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari wawancara mendalam, artikel dalam jurnal, buku teks, situs website, penelitian terdahulu, serta pengamatan secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dengan hadirnya teknologi, kini backpacker berkembang menjadi seorang Prosumer sekaligus pekerja informasi yang mampu memproduksi informasi destinasi wisata. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan tipologi backpacker sebagai pekerja informasi, yakni backpacker sebagai independent information worker dan sponsorship information worker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.45/18 Dew p
Uncontrolled Keywords: Backpacker, Prosumer, Pekerja Informasi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Ni Putu Yunia Tamara Dewi, 071611623020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 15:42
Last Modified: 16 Oct 2018 15:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item