DORONGAN DAN PROSES KOGNITIF DALAM PERILAKU MULTITASKING PADA PENGGUNA WEB SEARCHING DI KALANGAN MAHASISWA SEBAGAI PEMBUAT KONTEN (CONTENT CREATOR)

Desak Made Diah Anggarini, 071411631007 (2018) DORONGAN DAN PROSES KOGNITIF DALAM PERILAKU MULTITASKING PADA PENGGUNA WEB SEARCHING DI KALANGAN MAHASISWA SEBAGAI PEMBUAT KONTEN (CONTENT CREATOR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.54 18 Ang d.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.54 18 Ang d.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.54 18 Ang d.pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada dorongan dan proses kognitif multitasking behaviour yang terjadi pada mahasiswa sebagai content creator yang sedang melakukan aktivitas pencarian informasi melalui Web (web searching). Dalam penelitian ini, aktivitas content creation tidak hanya dipandang sebagai kelompok masyarakat kultural (digital native) tetapi juga memicu seseorang untuk berganti-ganti topik pencarian dalam waktu bersamaan. Paparan perangkat digital menimbulkan akses informasi yang luas memaksa para pengguna web untuk terus-menerus menelusuri informasi sehingga melakukan multitasking. Dalam prosesnya, perubahan kognitif yang dialami oleh informan terjadi pada aktivitas dengan beban kognitif yang rendah dan memerlukan sedikit perhatian (less activity attention). Sedangkan Mekanisme koordinasi kognitif selama pergantian banyak topik pencarian informasi terjadi ketika seorang pembuat konten menelusuri berbagai macam informasi kemudian kembali pada pencarian utama (original web search problem) dan melakukan kinerja berfikir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara kepada content creator yang intens melakukan interaksi dengan web dan sering melakukan multitasking. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa terdapat 3 tipe perilaku multitasking. Tiga tipe Perilaku Multitasking tersebut yaitu Sequential Multitasking Driven by Boredom, Simultant Multitasking Driven by Responsibility, Mixed Multitasking Driven by Habit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.54/18 Ang d
Uncontrolled Keywords: web searching, multitasking, proses kognitif, content creator
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Desak Made Diah Anggarini, 071411631007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Oct 2018 16:59
Last Modified: 17 Oct 2018 16:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74810
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item