PENGARUH EDUCATIONAL QUALITY, RESOURCE QUALITY, PARTISIPASI MAHASISWA, KEPUASAN MAHASISWA DAN TAKSONOMI PENDIDIKAN MAHASISWA PRODI S1 MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA

ARIES DWI ANUGRAHANTO, 040610636 (2010) PENGARUH EDUCATIONAL QUALITY, RESOURCE QUALITY, PARTISIPASI MAHASISWA, KEPUASAN MAHASISWA DAN TAKSONOMI PENDIDIKAN MAHASISWA PRODI S1 MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-anugrahant-15983-kkbkkb-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan educational quality, resource quality, partisipasi mahasiswa, dan cognitive outcomes dengan kepuasan mahasiswa dan affective outcomes. Menurut Duque dan Weeks (2010) penjaminan mutu dikelompokkan menjadi 2 yaitu educational quality (X1) dan resource quality (X2). Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Manajemen angkatan 2006 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga alasannya karena mahasiswa angkatan 2006 saat ini berada di semester akhir. Mahasiswa yang berada di semester akhir akan merasakan dampak kebijakan yang ditetapkan oleh universitas selama 4 tahun terakhir. Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh universitas tercermin dalam penjaminan mutu. Menurut Duque dan Weeks (2010) educational quality dan resource quality bisa meningkatkan kepuasan mahasiswa (Y1) dan cognitive outcomes (Z). Partisipasi mahasiswa (X3) merupakan salah satu variabel eksogen yang meningkatkan cognitive outcomes (Z). Selanjutnya cognitive outcomes akan berpengaruh positif terhadap affective outcomes (Y2). Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara educational quality (X1) dengan kepuasanmahasiswa (Y1) dengan t-statistik sebesar 2,193, resource quality (X2) dengan kepuasan mahasiswa (Y1) dengan t-statistik sebesar 1,689, educational quality (X1) dengan cognitive outcomes (Z) dengan t-statistik sebesar 2,029, resource quality dengan cognitive outcomes (Z) dengan t-statistik sebesar 2,611, partisipasi mahasiswa dengan cognitive outcomes (Z) dengan t-statistik sebesar 3,404, cognitive outcomes (Z) dengan kepuasan mahasiswa (Y1) dengan t-statistik sebesar 2,159, dan cognitive outcomes (Z) dengan affective outcomes (Y2) dengan t-statistik sebesar 9,273. Dari hasil pembahasan maka terdapat beberapa implikasi. Antara lain bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga hendaknya memperluas ruang laboratorium komputer dan menambah jumlah komputer. Selain itu dosen-dosen hendaknya mampu mengoptimalkan metode belajar yang sudah ada supaya mampu meningkatkan partisipasi mahasiswa. Sedangkan bagi kantor-kantor administratif yang mendukung proses pembelajaran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga hendaknya meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 434/10 Anu p
Uncontrolled Keywords: UNIVERSITES COLLEGES; PERCEPTION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ARIES DWI ANUGRAHANTO, 040610636UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnis Eliyana, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 15 Jul 2011 12:00
Last Modified: 05 Oct 2016 09:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7497
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item