HUBUNGAN SIKAP KERJA DAN FAKTOR INDIVIDU DENGAN KELUHAN MUSCULOSCELETAL DISORDERS OPERATOR CONTAINER CRANE (Studi di PT. Terminal Petikemas Surabaya)

HANI ARI FADHILAH, 101411131056 (2018) HUBUNGAN SIKAP KERJA DAN FAKTOR INDIVIDU DENGAN KELUHAN MUSCULOSCELETAL DISORDERS OPERATOR CONTAINER CRANE (Studi di PT. Terminal Petikemas Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 230 - 18 Fad h-Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 230 - 18 Fad h.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan bongkar muat dengan petikemas merupakan kegiatan yang memerlukan alat seperti container crane untuk mempermudah pelaksanaannya. Container crane dikemudikan oleh operator yang memiliki sikap tubuh yang tidak alamiah dengan punggung membungkuk dan leher menunduk. Tujuan penelitian untuk mempelajari hubungan antara sikap kerja dan faktor individu dengan keluhan musculoskeletal disorders pekerja operator container crane PT. Terminal Petikemas Surabaya Penelitian ini termasuk penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini yaitu 61 pekerja operator container crane PT. Terminal Petikemas Surabaya. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu sikap kerja, faktor individu (umur, kebiasaan merokok, indeks massa tubuh) dan keluhan musculoskeletal disorders. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji korelasi spearman untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pekerja operator container crane (95,1%) memiliki umur 35-54 tahun. Kebanyakan pekerja (55,7%) tidak memiliki kebiasaan merokok. Pekerja (42,6%) memiliki indeks massa tubuh kategori obesitas. Kebanyakan pekerja (75,4%) memiliki sikap kerja yaitu risiko sedang dan tingkat risiko keluhan musculoskeletal disorders pekerja sebagian besar tingkat sedang sebesar 59%. Koefisien korelasi antara indeks massa tubuh dengan keluhan musculoskeletal disorders yaitu 0,514. Koefisien korelasi antara sikap tubuh dengan keluhan musculoskeletal disorders yaitu 0,304. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang indeks massa tubuh dan sikap kerja memiliki hubungan cukup kuat dengan keluhan musculoskeletal disorders pada pekerja operator container crane, sedangkan umur dan kebiasaan merokok tidak berhubungan dengan keluhan musculoskeletal disorders. Saran untuk perusahaan yaitu menyediakan monitor di ruang operator, adanya penyuluhan kesehatan secara berkala dan pengaturan ritme kerja untuk melakukan peregangan otot guna mengurangi keluhan musculoskeletal disorders.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 230/ 18 Fad h
Uncontrolled Keywords: work postures, individual factors, musculoskeletal disorders complaint.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HANI ARI FADHILAH, 101411131056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndriati Paskarini, S.H., M.Kes,UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 24 Oct 2018 15:10
Last Modified: 24 Oct 2018 15:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item