PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DALAM MENCEGAH KEKERASAN ANAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN (STUDI DI SMP NEGERI 6 TUBAN)

RONY KUSUMA NUGRAHA, 101311133074 (2018) PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DALAM MENCEGAH KEKERASAN ANAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN (STUDI DI SMP NEGERI 6 TUBAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.287-18 Nug p ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.287-18 Nug p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 26 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu masalah yang dialami anak dan mengalami peningkatan tiap tahunnya adalah kekerasan anak di sekolah. Sebagai suatu institusi pendidikan, sekolah mempunyai peranan dan kedudukan strategis dalam melakukan promosi kesehatan melalui Program Usaha Kesehatan Sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peran Usaha Kesehatan Sekolah dalam mencegah kekerasan anak di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban (Studi Di SMP Negeri 6 Tuban). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 6 Tuban yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kebonsari Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban dengan rancangan metode deskriptif pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrument dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dengan sampel berjumlah delapan orang dan panduan kuesioner dengan sampel 97 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah sumber informasi kekerasan anak, Trias UKS terkait kekerasan anak di sekolah, sarana prasarana sekolah dalam mencegah kekerasan anak di sekolah, dukungan Tim Pembina UKS dalam mencegah kekerasan anak di sekolah, dukungan Tim Pelaksana UKS dalam mencegah kekerasan anak di sekolah, dukungan wali murid dalam mencegah kekerasan anak di sekolah, pengetahuan siswa tentang kekerasan anak di sekolah, serta sikap siswa dalam mencegah kekerasan anak di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sumber informasi tentang kekerasan anak yaitu guru, kader UKS, BK dengan media poster dan gedung aula SMP Negeri 6 Tuban sebagai tempat sosialisasi pencegahan kekerasan anak di sekolah. Trias UKS terkait kekerasan anak di sekolah terdapat pada Trias UKS nomor pertama yaitu pendidikan kesehatan melalui sosialisasi secara berkala di awal tahun pelajaran. Sarana prasarana sekolah melalui BK dan media poster di ruang UKS. Dukungan Tim Pembina UKS berupa sosialisasi berbagai macam kekerasan melalui pendidikan anti kekerasan. Dukungan Tim Pelaksana UKS berupa kerjasama MOU tiga tahunan dengan tenaga kesehatan dalam sosialisasi pencegahan kekerasan anak di sekolah. Dukungan wali murid berupa memberi nasihat untuk membatasi anak dalam berteman di sekolah. Pengetahuan siswa tentang kekerasan anak di sekolah sudah baik. Sikap siswa dalam mencegah kekerasan anak di sekolah yaitu mendukung pencegahan kekerasan anak di sekolah. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Usaha Kesehatan Sekolah memiliki peran dalam mencegah kekerasan anak di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban melalui upaya sosialisasi dan media sarana prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.287/18 Nug p
Uncontrolled Keywords: Child abuse, Junior High School, School Health Program.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RONY KUSUMA NUGRAHA, 101311133074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuji Sulistyowati, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Nov 2018 14:15
Last Modified: 26 Nov 2018 14:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75810
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item