ANALISIS FAKTOR PENYEDIAAN (WAKTU) DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RSU HAJI SURABAYA

DELIA ALMIRA DYAKSA, 101411131045 (2018) ANALISIS FAKTOR PENYEDIAAN (WAKTU) DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RSU HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 338 - 18 Dya a-Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 338 - 18 Dya a.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2021.

Download (934kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terdapat empat indikator sasaran mutu rekam medis, salah satunya merupakan waktu penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan. semakin cepat penyediaan dokumen rekam medis yang tersedia akan semakin cepat pula pelayanan yang diberikan kepada pasien. Standar pelayanan minimal untuk penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan adalah ≤ 10 menit. Namun kenyataannya di RSU Haji Surabaya penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan masih mengalami keterlambatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kendala apa saja yang ada pada proses penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan RSU Haji Surabaya menggunakan Theory Of Constraint. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasional dengan rancangan cross sectional dan deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 81 dokumen dan 13 petugas rekam medis yang terlibat dalam penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan. penelitian ini dilakukan selama 1 minggu di unit rekam medis rawat jalan RSU Haji Surabaya. Penelitian juga dilengkapi dengan wawancara kepada petugas rekam medis yang terlibat dalam penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan. Rata-rata waktu penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan di RSU Haji Surabaya sebesar 29 menit. Tahapan yang membutuhkan waktu paling lama adalah pencarian dokumen dan pengiriman dokumen. Kendala yang ada dalam proses penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan yaitu man constraint, material constraint, method constraint, machine constraint, machine constraint, time constraint dan information constraint yang disebabkan karena identitas pasien tidak lengkap, penumpukan kitir pada peak hours, terjadinya misfile, dokumen rekam medis yang tidak ditemukan di rak penyimpanan, rak penyimpanan yang kurang memadai, ketidaksesuaian job desc dengan SPO, perilaku petugas distribusi yang belum konsisten, pengiriman dokumen masih manual menggunakan trolly, jarak dan tata letak poli yang jauh dari unit rekam medis dan kesalahan distribusi oleh petugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 338/ 18 Dya a
Uncontrolled Keywords: provision of medical record documents, outpatients, constraint
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA411-415 Provisions for personal medical care. Medical care plans
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DELIA ALMIRA DYAKSA, 101411131045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., M.ARS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 30 Nov 2018 14:22
Last Modified: 30 Nov 2018 14:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76028
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item