DELIANA ELFRIDA K.S., 049922797 E (2004) PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT UNTUK TETAP MENABUNG DI TABUNGAN PLUS BNI SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-delianaelf-984-b4806-k.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7619.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Adanya berbagai produk tabungan yang ditawarkan oleh bank akan memberikan alternatif kepada masyarakat untuk memilih produk tabungan dan pada bank mana ia akan menabung. Keadaan ini menyebabkan timbulnya persaingan yang tajam baik antar bank maupun antar produk tabungan dalam satu bank. Untuk mengatasi ketatnya persaingan dan mengantisipasi peluang-peluang yang dihadapi bank, maka perlu disusun strategi pemasaran yang tepat, sehingga bank mempunyai keunggulan bersaing dalam kompetisi yang makin ketat ini. Untuk itu antisipasi terhadap kebutuhan dan keinginan penabung sangat penting dalam menghadapi persaingan yang ketat ini. Sangat penting bagi perusahaan perbankan memahami kebutuhan dan keinginan penabung atau calon penabung serta bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. Adanya berbagai motif yang berbeda akan menimbulkan sikap yang berbeda pula terhadap atribut-atribut tabungan yang ditawarkan. Pada akhirnya membuat keputusan dalam menabung juga berbeda. Untuk itu studi terhadap perilaku konsumen ini begitu penting karena pemahaman terhadap perilaku konsumen akan bermanfaat bagi perusahaan dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen. Secara garis besar teori yang mencoba untuk menjelaskan hubungan antara sikap dan perilaku mengatakan bahwa perilaku nyata (actual behavior) akan tampil apabila dalam diri individu yang bersangkutan terdapat niat untuk mewujudkan perilaku. Sedangkan terbentuknya niat berperilaku tersebut dipengaruhi secara langsung oleh sikap untuk berperilaku yang dimiliki oleh seseorang dan norma subyektif (subjective norm) yang dimiliki individu. Hasil singkat penelitian terhadap sikap penabung dan norma subjektif dalam mempengaruhi niat untuk tetap menabung di Tabungan Plus Bank BNI di Sidoarjo adalah sebagai berikut : 1.Sikap Penabung (Xi) dan Norma Subjektif (X2) secara bersama-sama mempengaruhi Niat untuk tetap menabung di Tabungan Plus Bank BNI di Sidoarjo (Y), hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi sebesar 0,617 atau 61,7%. Berarti bahwa Sikap Penabung (X1) dan Norma Subjektif (X2) secara bersama-sama mempengaruhi Niat untuk tetap menabung di Tabungan Plus Bank BNI di Sidoarjo (Y) sebesar 0,617 atau 61,7%. 2.Berdasarkan nilai F hitung = 158,375, dengan tingkat signifikansi terjadinya kesalahan sebesar 0,000, untuk pembuktian hipotesis secara bersama-sama dan t hitung untuk pembuktian hipotesis secara parsial dapat dibuktikan bahwa: "Sikap dan Norma subjektif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat untuk tetap menabung di Tabungan Plus Bank BNI di Sidoarjo", diterima kebenarannya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 48/06 Del p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SAVINGS BANKS | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Jul 2017 01:25 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7619 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |