FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN REGULASI PENGENDALIAN GULA DARAH PASIEN DIABETES MELLITUS PADA PRA LANSIA

ORYZA DWI NANDA, 101411233015 (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN REGULASI PENGENDALIAN GULA DARAH PASIEN DIABETES MELLITUS PADA PRA LANSIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.GZ 7 - 18 Nan f-Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.GZ 7 - 18 Nan f.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit degeneratif karena pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Salah satu hal yang penting dalam penanganan diabetes mellitus adalah pengendalian kadar gula darah, sehingga penderita diabetes perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pengendalian kadar gula darah, meliputi diet, aktivitas fisik, kepatuhan minum obat, dan pengetahuan. Oleh karena hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan regulasi pengendalian gula darah pasien diabetes mellitus pada pra lansia. Penelitian ini adalah penelitian case control. Sampel penelitian sebesar 26 orang dan diambil secara acak menggunakan simple random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok dengan gula darah tidak teregulasi dan kelompok dengan gula darah teregulasi. Pengumpulan data meliputi karakteristik responden, pengukuran berat badan, tinggi badan, food recall 2x24 jam, semi quantitative food frequency, aktivitas fisik, kuesioner kepatuhan minum obat dan pengetahuan. Data dianalisis menggunakan software SPSS for windows dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor aktivitas fisik dan pengetahuan, tidak berhubungan dengan regulasi pengendalian gula darah pada pasien diabetes pra lansia. Kepatuhan diet terkait jadwal makan berhubungan dengan regulasi pengendalian gula darah pasien pada diabetes mellitus pra lansia (p=0,02). Tingkat kepatuhan minum obat hubungan dengan regulasi pengendalian gula darah pasien diabetes mellitus pra lansia (p=0,015). Pasien diabetes mellitus yang tidak patuh dalam mengkonsumsi obat memiliki risiko 14 kali mengalami regulasi pengendalian gula darah yang tidak terkontrol dibandingkan dengan pasien yang patuh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesuaian jadwal makan dan kepatuhan minum obat dapat mengontrol gula darah pasien diabetes mellitus. Sebaiknya perlu dilakukan pemberian edukasi terkait faktor yang mempengaruhi pengendalian diabetes mellitus pada pra lansia sehingga penderita diabetes dapat mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM GZ 7/ 18 Nan f
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus, regulation, blood sugar, pre-elderly.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM
ORYZA DWI NANDA, 101411233015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Bambang W., Prof. ,dr.,M.S.,M.CN.,Ph.D,Sp.GKUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Dec 2018 12:12
Last Modified: 06 Dec 2018 12:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item