NARSISME DAN PRESENTASI DIRI KALANGAN ANAK MUDA DALAM FITUR INSTAGRAM STORIES

Hildagardis Ananta Primarani, 071411531074 (2018) NARSISME DAN PRESENTASI DIRI KALANGAN ANAK MUDA DALAM FITUR INSTAGRAM STORIES. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.74 18 Pri n.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.74 18 Pri n.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.74 18 Pri n.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Naiknya Instagram stories sebagai media sosial temporer telah menjadi fenomena di Indonesia. Pada penggunaannya, peneliti menemukan adanya perbedaan gaya dalam mengunggah konten antara Instagram Feed dan Instagram Stories. Media sosial sering dikaitkan dengan narsisme karena beberapa jurnalis dalam medianya menganggap perilaku berjejaring sosial merefleksikan kecenderungan perilaku narsistik. Foto selfie atau swafoto adalah salah satu sifat narsistik yang sering dikaitkan dengan narsisme. Padahal studi sebelumnya tidak menemukan hasil yang konklusif antara hubungan narsisme dengan media sosial. Ada yang mengatakan hubungannya positif, ada yang negatif, tetapi ada yang lain yang menemukan hasil yang campur. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi artikulasi narsisme dalam fitur Instagram Stories. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi kepada mahasiswa di Surabaya dari kalangan selebgram, public figure dan kalangan biasa. Hasil penelitian ini ditemukan artikulasi narsisme dalam Instagram Stories tidak berkaitan dengan banyak dan seringnya subjek penelitian mengunggah stories dan banyaknya swafoto atau swavideo, melainkan berkaitan dengan tujuan/maksud subjek penelitian dalam mengunggah dan citra stories yang dibangun. Selain itu pada subjek yang menginterpretasi narsisme secara positif, artikulasi dalam Instagram Stories tidak mempedulikan soal selfie. Sebaliknya, pada subjek yang memaknai secara negatif, artikulasi narsisme mereka mempedulikan soal foto dan video selfie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.74/18 Pri n
Uncontrolled Keywords: artikulasi, Instagram Stories, narsisme, presentasi diri.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Hildagardis Ananta Primarani, 071411531074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.Ikom., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Dec 2018 11:45
Last Modified: 10 Dec 2018 11:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76398
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item