ANALISIS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI BERDASARKAN INDEX FOR INCLUSION (STUDI KASUS PADA SD YBPK SEMAMPIR KOTA KEDIRI)

RETNO SULISTIYANINGSIH, 111614253021 (2018) ANALISIS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI BERDASARKAN INDEX FOR INCLUSION (STUDI KASUS PADA SD YBPK SEMAMPIR KOTA KEDIRI). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TPsi. 50-18 Sul a Abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TPsi. 50-18 Sul a.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan inklusi menggunakan indikator Index for Inclusion yang meliputi dimensi budaya, kebijakan, dan praktik. Definisi pendidikan inklusi merujuk kepada Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi yang dianalisis menggunakan perspektif Index for Inclusion dari Booth & Ainscow (2002). Penelitian ini berfokus di SD YBPK Semampir Kota Kediri. Peneliti menggunakan tipe studi kasus untuk mengetahui isu terkait penyelenggaraan pendidikan inklusi secara lebih mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa SD YBPK Semampir Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan tipe analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penyelenggaraan pendidikan inklusi telah memenuhi seluruh indikator dalam index for inclusion. Kelebihan penyelenggaraan pendidikan inklusi berdasarkan dimensi budaya adalah pada indikator semua orang merasa diterima dan staf saling berkolaborasi, sedangkan pada indikator siswa saling membantu satu sama lain dan semua komunitas lokal terlibat di sekolah masih perlu dikembangkan. Kelebihan penyelenggaraan pendidikan inklusi berdasarkan pada dimensi kebijakan adalah pada indikator sekolah membuat bangunan yang dapat diakses oleh semua orang dan semua siswa baru dibantu untuk merasa nyaman di sekolah, sedangkan pada indikator tindakan bullying diminimalisir dan sekolah menerima semua siswa yang berdekatan dengan sekolah masih perlu dikembangkan. Kelebihan penyelenggaraan pendidikan inklusi berdasarkan dimensi praktik adalah terletak pada indikator siswa belajar secara bersama-sama dan seluruh siswa berpartisipasi dalam aktivitas diluar kelas, sedangkan pada indikator pelajaran mendorong partisipasi seluruh siswa dan sumber sekolah didistribusikan secara adil masih perlu dikembangkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi. 50-18 Sul a
Uncontrolled Keywords: Penyelenggaraan, Pendidikan Inklusi, Index for Inclusion.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
RETNO SULISTIYANINGSIH, 111614253021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuryantinah Mulyo Handayani, S.Psi.,M.Psych.(Ed&Dev)., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Dec 2018 10:55
Last Modified: 17 Dec 2018 10:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76865
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item