MODEL RESILIENSI KELUARGA BERBASIS FAMILY-CENTERED NURSING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERAWAT PASIEN SKIZOFRENIA

RIZKI FITRYASARI PK, 101517087305 (2018) MODEL RESILIENSI KELUARGA BERBASIS FAMILY-CENTERED NURSING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERAWAT PASIEN SKIZOFRENIA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Dis. IK. 30-18 Riz m Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Fulltext)
Dis. IK. 30-18 Riz m.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Keluarga yang merawat pasien skizofrenia mengalami stres dan menurunkan kemampuan merawat pasien skizofrenia. Stres yang dialami keluarga dapat dimediasi dengan resiliensi keluarga. Tujuan penelitian adalah menyusun model resiliensi keluarga berbasis Family-Centered Nursing untuk meningkatkan kemampuan keluarga dalam merawat pasien skizofrenia. Metode: Desain penelitian tahap pertama adalah eksplanasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 137 keluarga yang merawat pasien skizofrenia di RSJ Menur Surabaya yang didapatkan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian adalah faktor keluarga, faktor kerentanan, faktor pelindung, faktor pasien skizofrenia, stres keluarga, resiliensi keluarga dan kemampuan merawat pasien skizofrenia. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan uji Structural Equation Modeling- Partial Least Square (SEM-PLS). Desain penelitian tahap kedua adalah quasy experiment dengan sampel sebanyak 32 keluarga yang merawat pasien Skizofrenia di RSJ Menur Surabaya dan diperoleh dengan teknik simple random sampling. Variabel independen adalah model resiliensi keluarga berbasis Family-Centered Nursing dan variabel dependen adalah kemampuan keluarga dalam merawat pasien skizofrenia. Data diukur dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan Mann-Whitney Test (α<0,05). Hasil dan kebaharuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor keluarga (t=2,18), faktor kerentanan (t=3,39), faktor pelindung (t=2,36) dan stres keluarga (t=3,928) mempengaruhi resiliensi keluarga. Resiliensi keluarga tidak dipengaruhi oleh faktor pasien skizofrenia (t=1,63). Model resiliensi keluarga berbasis Family-Centered Nursing berpengaruh terhadap kemampuan keluarga merawat pasien skizofrenia, yaitu memenuhi kebutuhan ADL (p=0,001), kepatuhan pengobatan (p=0,000), upaya pencegahan kekambuhan (p=0,000) dan membantu interaksi sosial (p=0,000). Kebaharuan penelitian adalah model resiliensi keluarga berbasis Family–Centered Nursing sebagai sebuah intervensi pada keluarga yang merawat pasien skizofrenia sehingga keluarga mampu bertahan, bangkit, tumbuh kuat dan lebih baik dalam merawat pasien. Kesimpulan: Model resiliensi keluarga berbasis Family-Centered Nursing membantu meningkatkan kekuatan keluarga melalui pengelolaan stres khususnya beban dan stigma sehingga mampu merawat pasien skizofrenia dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis. IK. 30-18 Riz m
Uncontrolled Keywords: resiliensi, skizofrenia, Family-Centered Nursing
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Doktor Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI FITRYASARI PK, 101517087305UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, Prof. Dr. H., M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
Thesis advisorAh. YusufUNSPECIFIED
Thesis advisorRachmat Hargono, Dr., dr., MS., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 31 Dec 2018 04:41
Last Modified: 31 Dec 2018 04:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77392
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item