KARIMA MUCHA, 041514353071 (2018) Kajian Strategi Bisnis Penyaluran Kredit Mikro dan Kecil di P.T. Bank Jatim. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (127kB) |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 2 January 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mencoba mengkaji strategi bisnis penyaluran kredit mikro dan kecil di Bank Jatim. Tujuannya adalah untuk dapat merumuskan upaya mengoptimalkan penyaluran kredit mikro dan kecil bagi perusahaan. Dalam tiga tahun terakhir nilai penyaluran kredit mikro dan kecil di Bank Jatim terus menurun, pun juga dengan proporsinya terhadap total kredit yang diberikan perusahaan. Bank Jatim merupakan perusahaan BUMD yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Jawa Timur, tetapi juga merupakan perusahaan terbuka yang telah go public. Adapun tujuan perusahaan yakni tumbuh berkembang secara korporasi dan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Hal tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam misinya di mana salah satunya adalah ikut mengembangkan UMKM. Artinya, kredit mikro dan kecil sangat penting bagi perwujudan tujuan perusahaan. Usaha Mikro dan Kecil merupakan usaha yang strategis bagi ekonomi Indonesia dan memiliki peluang sangat besar untuk dikembangkan, serta berpotensi untuk dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Untuk dapat mewujudkan tujuan dari penelitian, terdapat dua rumusan masalah yang dianalisis yakni posisi strategis Bank Jatim dalam menyalurkan kredit mikro dan kecil dan yang kedua adalah perumusan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan penyaluran kredit mikro kecil di Bank Jatim. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah dengan pendekatan kuantitatif yakni studi kasus. Data yang digunakan untuk analisis adalah dari studi pustaka dan wawancara secara in-depth interview. Tesis ini menggunakan IE Matrix untuk menganalisa posisi strategis perusahaan dan perumusan strategi diamond untuk merumuskan strategi yang tepat bagi perusahaan. Hasil dari IE Matrix diperoleh dengan mengevaluasi faktor eksternal dan internal perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, di mana hasilnya menunjukkan bahwa posisi strategis Bank Jatim dalam bisnis kredit mikro kecil adalah pada kuadran V yakni pada posisi strategi hold and maintain. Dalam perumusan strategi diamond, untuk dapat fokus pada penyaluran kredit mikro dan kecil Bank Jatim dapat melakukan tiga strategi yakni market penetration, product development, dan internal development
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK MM.96/18 Muc k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bisnis, Kredit Mikro dan Kecil, Bank Jatim, Usaha Mikro dan Kecil, IE Matrix, dan Strategi Diamond | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Jan 2019 09:07 | ||||||
Last Modified: | 02 Jan 2019 09:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77484 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |