CITRA DEWI KARTIKA PAKSI, 041524353044 (2018) KNOWLEDGE-CREATION PROCESS PADA SUKSESI PERUSAHAAN KELUARGA (STUDI KASUS PADA PT CENTRAL DIESEL). Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (301kB) |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 2 January 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Suksesi merupakan bagian penting dalam keberlanjutan bisnis keluarga. Mengingat bertambahnya generasi berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga yang semakin memperbesar potensi terjadinya permasalahan. Dengan demikian perlu perencanaan suksesi yang matang dalam perusahaan untuk meminimalisir dan bahkan menghindari terjadinya konflik yang menyebabkan perusahaan tersebut dapat bangkrut. Untuk melihat sejauh mana suksesi dapat berjalan dengan baik setidaknya dapat ditinjau dari knowledge-creation process pada suksesi yang berlangsung antar generasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih dalam tentang dinamika dalam knowledge-creation process yang berlangsung pada suksesi di PT. Central Diesel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data juga dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam yang mewawancarai predesessor, suksesor dan beberapa karyawan senior. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan yang terakhir melakukan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa knowledge-creation process pada suksesi di perusahaan PT. Central Diesel terjadi dalam beberapa fase yakni fase pre-entry, fase developmental, dan fase transitional dengan didukung oleh beberapa knowledge-creation activity. Akan tetapi knowledge-creation activity tidak sepenuhnya berlangsung. Selain itu, selama knowledge-creation process berlangsung pada proses suksesi mengalami beberapa hambatan diantaranya 1) karakter kepemimpinan suksesor yang diktator; 2) manajerial perusahaan yang kurang profesional; dan 3)minimnya inovasi pengembangan produk dan operasional perusahan. Namun dengan hambatan tersebut setelah suksesi PT. Central Diesel melakukan beberapa perubahan dan inovasi pada aspek produk maupun manajerial. Bahkan langkah inovasi tersebut mendorong perusahaan mendapatkan penghargaan dari beberapa ISO (International Standart Organization).
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK MM.110/18 Pak k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Suksesi, Knowledge-creation Process, Perusahaan Keluarga | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Jan 2019 10:50 | ||||||
Last Modified: | 02 Jan 2019 10:50 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77498 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |