MINDRALINA SUTIANTI, 040117173 (2006) PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN DAN INOVASI TERHADAP KINERJA BISNIS PERUSAHAAN MEBEL KAYU DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-sutiantimi-5468-b10707-k.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7750.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Persaingan dalam bisnis mebel kayu semakin lama tentunya akan semakin ketat. Perusahaan mebel kayu yang ingin tetap bertahan harus memiliki keunggulan. Hal itu bisa dilakukan dengan memperhatikan lingkungan yang ada di sekitarnya. Perhatian terhadap lingkungannya bisa dicerminkan dalam orientasi perusahaan terhadap pasar, yang terdiri dari orientasi pada pelanggan (customer oriented) dan orientasi pada pesaingnya (competitor oriented). Selain berorientasi pada pasar, perusahaan mebel kayu yang ingin tetap bertahan harus pula berorientasi pada pembelajaran. Baik orientasi pasar dan pembelajaran bisa menjadi kunci untuk bertahan dalam persaingan. Orientasi pada pembelajaran bisa dilihat dari komitmen mereka terhadap pembelajaran itu sendiri (commitment to learning), adanya visi bersama (shared vision), serta keterbukaan (open-mindedness). Perusahaan yang berorientasi pada pasar dan pembelajaran, cenderung akan lebih berinovasi dari perusahaan yang lain. Tingkat inovasi dari perusahaan tersebut bisa dilihat dari inovasi produk, proses, serta manajemen. Ketiga inovasi tersebut menunjukkan seberapa tinggi tingkat inovasi dari perusahaan. Pada akhirnya perusahaan yang yang berorientasi pada pasar dan pembelajaran serta memiliki tingkat inovasi yang tinggi diharapkan akan memiliki kinerja bisnis perusahaan yang tinggi pula. Kinerja bisnis yang tinggi akan diukur dengan 3 dimensi, yaitu efisiensi, efektivitas, serta adaptivitas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis yang berupa path analysis atau analisis jalur, yang diolah dengan program Amos 4.01. Hasil penelitian di perusahaan mebel kayu yang ada di Indonesia menunjukkan adanya hubungan yang signifikan positif antara orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap inovasi perusahaan, serta hubungan yang signifikan positif antara orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja bisnis perusahaan. Antara inovasi dan kinerja bisnis perusahaan tidak terdapat hubungan yang signifikan positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 107/07 Sut p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MARKETING PERFORMANCE, INNOVATION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products T Technology > TS Manufactures > TS840-915 Wood products. Furniture |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2007 12:00 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2017 17:40 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7750 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |