WISATA KULINER KHAS KOTA SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Pengembangan Makanan Lontong Balap Surabaya)

ERWIN ADI HARLIANTO, 071310213033 (2018) WISATA KULINER KHAS KOTA SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Pengembangan Makanan Lontong Balap Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text (Fulltext)
FV PW 74 18 Har w.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2022.

Download (569kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari keingintahuan peneliti akan detail dari Prosesi pelaksanaan Ritual Siraman Sedudo. Dari hal ini memunculkan berbagai penjelasan tentang daya tarik Prosesi Siraman Sedudo sebagai atraksi wisata budaya. Seperti yang kita ketahui dalam pelaksanaan prosesi siraman tentunya ada juga beberapa factor yang mempengaruhi dalam hal daya tarik wisata tersebut serta upaya pemerintah dalam mengemas Ritual Siraman Sedudo Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif dan bertipe penelitian secara deskriptif, sedangkan lokasi penelitian yang dijadikan acuan oleh penulis adalah obyek wisata Air Terjun Sedudo. Karena obyek wisata tersebut sebagai lokasi terselenggaranya Ritual Siraman Sedudo yang terdapat di Kabupaten Nganjuk dan merupakan tempat penulis dalam menemukan fenomena dan berbagai permasalahan serta penulis mencoba untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Pengumpulan data yang menyangkut permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang sudah terkumpul selanjutnya peneliti akan menganalisa. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Ritual Siraman Sedudo mempunyai daya tarik wisata seperti larung sesaji dan prosesi siraman sedudo. Selain itu peran pemerintah dalam mengemas Ritual Siraman Sedudo sangat kompleks yaitu sebagai media promosi. Perayaan Ritual Siraman Sedudo dilakukan oleh masyarakat sekitar obyek wisata Air Terjun Sedudo mempunyai unsur yang sangat penting karena biasanya mereka menilai sacral atau tidaknya Ritual Siraman Sedudo itu tergantung dari khidmat atau tidaknya dalam melakukan perayaan tersebut, yang nantinya dituangkan oleh penulis dalam suatu karya ilmiah yaitu Tugas Akhir yang merupakan salah satu syarat untuk penulis dalam mencapai proses kelulusan akademis di universitas yang telah penulis naungi saat ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 74/18 Her w
Uncontrolled Keywords: Wisata kuliner
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
ERWIN ADI HARLIANTO, 071310213033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdwin Fiatiano, S.Sos M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 07 Jan 2019 08:01
Last Modified: 09 Jan 2019 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77750
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item