COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MEMPERBAIKI STRATEGI COPING PADA PECANDU NARKOBA

ISNIARTY GINTULANGI, 111514153018 (2018) COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MEMPERBAIKI STRATEGI COPING PADA PECANDU NARKOBA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (685kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin marak disemua lapisan karangan masyarakat. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi terus menerus kembali menggunakan narkoba. Salah satu faktor penting untuk mencegah seseorang tidak kembali menggunakan narkoba adalah penggunaan strategi coping yang efektif. Strategi coping membantu para pecandu narkoba dalam menangani kekambuhan. Salah satu intervensi untuk memperbaiki strategi coping pada pecandu narkoba adalah cognitive behaviour therapy. CBT bertujuan untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi coping pada pecandu untuk mencegah kekambuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas cognitive behaviour therapy untuk memperbaiki strategi coping pecandu narkoba. Subjek penelitian ini berjumlah 3 subjek dengan rentang usia 20-29 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ways of Coping Questionnaire dari Lazarus & Folkman, yang telah diadaptasi oleh Maindra Fauziannisa yang telah digunakan di Indonesia untuk pecandu narkoba. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dilakukan dengan one group-before-and-after study design. Intervensi dengan CBT dilakukan sebanyak 8 sesi. Hasil ketiga partisipan mengalami perbaikan pada strategi coping, diketahui dari perbaikan skor pada Ways of Coping Questionnaire (WOC) dan evaluasi kualitatif. Hal ini berarti bahwa CBT dapat digunakan untuk memperbaiki strategi coping pada pecandu narkoba.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 25/18 Gin c
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behavior Therapy, strategi coping pada pecandu narkoba, Ways of Coping Questionnaire
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ISNIARTY GINTULANGI, 111514153018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2019 02:49
Last Modified: 08 Jan 2019 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77813
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item