ANALISIS KANDUNGAN TIMBAL (Pb), KADMIUM (Cd) DAN SENG (Zn) PADA KERANG DARAH (Anadara granosa L.) DI PANTAI PRIGI TRENGGALEK DAN DI PANTAI KENJERAN SURABAYA

WAHYUHANI LUTFI SEPTIANI, 081411131007 (2018) ANALISIS KANDUNGAN TIMBAL (Pb), KADMIUM (Cd) DAN SENG (Zn) PADA KERANG DARAH (Anadara granosa L.) DI PANTAI PRIGI TRENGGALEK DAN DI PANTAI KENJERAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (38kB)
[img] Text (Fulltext)
ST TL 14 18 Sep a.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerang darah (Anadara granosa L.) merupakan salah satu komoditas laut yang dihasilkan di perairan pantai Prigi dan pantai Kenjeran. Kedua pantai tersebut mendapat masukan dari sungai yang menerima limbah industri dan domestik yang mengandung logam timbal (Pb), kadmium (Cd), dan seng (Zn). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam timbal (Pb), kadmium (Cd), dan seng (Zn) pada daging kerang darah dari kedua perairan tersebut. Hal tersebut ditinjau dari batas maksimum cemaran logam berat pada pangan jenis kerang-kerangan (bivalvia) menurut FAO tahun 1996. Sedangkan, penetapan batas aman konsumsi mingguan kerang darah berdasarkan adanya kandungan logam berat ditinjau dari standar EC tahun 2001 dan WHO tahun 2003. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2018. Pengambilan sampel ditentukan secara sistematis, kandungan logam timbal (Pb), kadmium (Cd), dan seng (Zn) dianalisis menggunakan AAS (Atomic Absorbtion Spectrophotometry), sedangkan penetapan batas maksimal aman konsumsi mingguan dihitung menggunakan rumus PTWI (Professional Tolerable Weekly Intake). Kandungan logam timbal (Pb) rata rata pada daging kerang darah di pantai Prigi sebesar 0,235 ppm, sedangkan di pantai Kenjeran sebesar 0,519 ppm. Kandungan logam kadmium (Cd) rata-rata pada daging kerang darah di pantai Prigi sebesar 0,105 ppm, sedangkan di pantai Kenjeran sebesar 0,301 ppm. Kandungan logam seng (Zn) rata-rata pada daging kerang darah di pantai Prigi sebesar 10,071 ppm, sedangkan di pantai Kenjeran sebesar 12,505 ppm. Berdasarkan adanya kandungan logam berat Pb, Cd, dan Zn pada daging kerang darah (Anadara granosa L.) di pantai Prigi dan pantai Kenjeran dinyatakan masih layak untuk dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST TL 14/18 Sep a
Uncontrolled Keywords: kadmium, kerang darah, pantai Kenjeran, seng, timbal
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
WAHYUHANI LUTFI SEPTIANI, 081411131007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisnadi Widyaleksono C.P., Drs , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:40
Last Modified: 09 Jan 2019 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item