Strategi Komunikasi Internal Karyawan Perusahaan dalam Menjaga Hubungan Antar Generasi Tua dan Muda (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Internal Karyawan PT Petrokimia Gresik dalam Menjaga Hubungan Antar Generasi Tua dan Muda yang Memiliki Gap)

Yasmin Ambar Pratiwi, 071411531017 (2018) Strategi Komunikasi Internal Karyawan Perusahaan dalam Menjaga Hubungan Antar Generasi Tua dan Muda (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Internal Karyawan PT Petrokimia Gresik dalam Menjaga Hubungan Antar Generasi Tua dan Muda yang Memiliki Gap). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.101 18 Pra s.pdf

Download (45kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.101 18 Pra s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.101 18 Pra s.pdf

Download (319kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berusaha untuk menjelaskan strategi komunikasi generasi tua dan muda di PT Petrokimia Gresik yang memiliki gap perbedaan usia yang jauh dalam menjaga hubungan antar karyawan. Hal tersebut berkaitan dengan bentuk komunikasi organisasi yang dilakukan oleh perusahaan PT Petrokimia Gresik dan karyawan generasi X dan Y untuk menjaga hubungan antar karyawan. Dengan adanya gap umur yang jauh antara karyawan generasi X dan Y maka semakin jauh pula perbedaan cara berkomunikasi dari masing-masing generasi, di mana komunikasi yang baik dan efektif dapat teraih apabila kedua generasi memiliki pemahaman akan generasi lain selain generasinya, maka dari itu penelitian ini menjadi penting. Penelitian dilaksanakan mulai bulan November 2017 hingga April 2018 dan terhenti selama empat bulan karena kebijakan perusahaan, sehingga penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan. Peneliti menggunakan tinjauan pustaka yakni teori mengenai strategi, teori generasi X dan generasi Y, komunikasi organisasi, dimana didalamnya terdapat komunikasi horizontal dan komunikasi interpersonal untuk menjelaskan fenomena tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus melalui wawancara mendalam, Focus Group Discussion (FGD), dan studi dokumen terkait dengan program yang diadakan PT Petrokimia Gresik dan bentuk komunikasi horizontal secara interpersonal generasi X dan Y pada generasi lain. Terdapat dua tema yang dibahas oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu, strategi komunikasi PT Petrokimia Gresik untuk menjaga hubungan karyawan generasi X dan Y dan strategi komunikasi oleh karyawan dalam menjaga hubungan antar generasi,. Dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dijalankan oleh PT Petrokimia Gresik mulai dari perumusan, implementasi, dan evaluasi diterima oleh karyawan dalam menjalankan komunikasi horizontal generasi X dan Y dalam menjaga hubungan, sedangkan karyawan generasi X dan Y sendiri mampu untuk berkomunikasi dengan generasi lainya dengan adanya motivasi masing-masing yang saling membutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.101/18 Pra s
Uncontrolled Keywords: komunikasi organisasi, strategi komunikasi, generasi x, generasi y, komunikasi horizontal, komunikasi interpersonal
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Yasmin Ambar Pratiwi, 071411531017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Puspa, S.Sos., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Jan 2019 10:16
Last Modified: 09 Jan 2019 10:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78113
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item