PERILAKU MAKAN MENYIMPANG OTHER SPECIFIED FEEDING OR EATING DISORDER (OSFED) PADA REMAJA AKHIR PUTRI YANG MELAKUKAN DIET

INNAYAH TIARA JELITA, 111411131074 (2018) PERILAKU MAKAN MENYIMPANG OTHER SPECIFIED FEEDING OR EATING DISORDER (OSFED) PADA REMAJA AKHIR PUTRI YANG MELAKUKAN DIET. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku makan menyimpang other specified feeding or eating disorder pada remaja akhir putri yang sedang melakukan diet. Other specified feeding or eating disorder adalah sebuah kondisi dimana seseorang memiliki banyak gejala gangguan makan yang sama dengan gangguan makan anorexia nervosa, bulimia nervosa atau binge eating disorder tetapi tidak memenuhi kriteria lengkap untuk dapat di diagnosis memiliki salah satu gangguan tersebut (American Psychiatric Association, 2013). Penelitian ini melibatkan tiga remaja akhir putri yang sedang melakukan diet. Subjek berusia 17-20 tahun yang telah melakukan diet dalam minimal 6 bulan terakhir dan telah menunjukkan gejala perilaku makan menyimpang dalam minimal 3 bulan berturut-turut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan analisis yang digunakan adalah theory driven sehingga membantu peneliti dalam pengkodean dengan menggunakan teori yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ketiga remaja akhir putri yang melakukan diet karena keinginan untuk menjadi lebih sehat justru melakukan gejala perilaku makan menyimpang other specified feeding or eating disorder. Gejala-gejala tersebut antara lain muntah dengan sengaja, mengkonsumsi obat pencahar atau diuretik dan secara sengaja membatasi asupan makanan sebagian atau sepenuhnya. Selain itu, dari hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa aspek pengetahuan, citra tubuh dan teman sebaya merupakan faktor yang dapat memicu munculnya gejala perilaku makan menyimpang pada remaja akhir putri yang melakukan diet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 215/18 Jel p
Uncontrolled Keywords: Eating Disorder, Other Specified Feeding or Eating Disorder, Adolesence, Diet
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM214-258 Diet therapy. Dietary cookbooks
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
INNAYAH TIARA JELITA, 111411131074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTriana Kesuma Dewi, S.Psi, M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:19
Last Modified: 10 Jan 2019 06:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78282
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item