Pengendalian Mutu Pada Proses Produksi Kerupuk Udang Dogol (Metapenaues Monoceros) Berdasarkan CCP (Critical Control Point) di PT. Cassanatama Naturindo Semarang, Jawa Tengah.

HERLINA MAWARDANI., 141511233009 (2018) Pengendalian Mutu Pada Proses Produksi Kerupuk Udang Dogol (Metapenaues Monoceros) Berdasarkan CCP (Critical Control Point) di PT. Cassanatama Naturindo Semarang, Jawa Tengah. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 167-18 Maw p Abstrak.pdf

Download (228kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 167-18 Maw p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang merupakan komoditas andalan sektor perikanan yang sudah diekspor ke berbagai negara. Tingginya permintaan pasar menyebabkan pengolahan pasca panen menjadi sangat penting untuk diperhatikan, karena selain sifatnya yang mudah rusak dan membusuk, pengolahan juga dapat meningkatkan nilai tambah suatu produk. Salah satunya dengan menggolah udang sebagai bahan utama dalam pembuatan kerupuk udang. Kerupuk udang merupakan kerupuk yang dibuat dengan bahan baku utama tepung tapioka dan udang. Tahapan pembuatannya dimulai dari persiapan, processing, supply, potong dan tebar, pengeringan, sortasi, dan pengemasan (Afifah, 2015). Proses pengolahan tersebut harus dilakukan dan dikontrol secara intensif, sehingga jaminan mutu pangan dan kesehatan masyarakat terpenuhi. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2017- 18 Januari 2018 di PT. Cassanatama Naturindo yang terletak di jalan Muktiharjo km 3, Kelurahan Muktiharjo Lor, Kecamatan Genuk, Semarang Jawa Tengah,. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini yaitu metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data meliputi observasi, wawancara, partisipasi aktif, dan studi pustaka. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan kerupuk udang yang sangat memperhatikan mutu produk yang dihasilkan. Pengendalian mutu menjadi usaha perusahaan dalam mempertahankan mutu produk yang dihasilkan agar sesuai dengan spesifikasi produk yang telah ditetapkan sebelumnya, berdasarkan kebijakan perusahaan. Upaya pengendalian mutu yang dilakukan PT Cassanatama Naturindo didasarkan oleh CCP (Critical Control Point) selama proses produksi kerupuk udang, diantaranya bahan baku, pengukusan dan metal detector.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 167-18 Maw p
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Mutu, Proses Produksi Kerupuk, Udang Dogol (Metapenaues Monoceros), CCP (Critical Control Point)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
HERLINA MAWARDANI., 141511233009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHeru Pramono, S.Pi., M.BiotechUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:46
Last Modified: 11 Jan 2019 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78397
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item