PENERIMAAN KHALAYAK PEREMPUAN TERHADAP IDENTITAS LAKI-LAKI DALAM SINETRON “DUNIA TERBALIK”

ANJASMARA, 071411531013 (2018) PENERIMAAN KHALAYAK PEREMPUAN TERHADAP IDENTITAS LAKI-LAKI DALAM SINETRON “DUNIA TERBALIK”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.108 18 Anj p.pdf

Download (55kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.108 18 Anj p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.108 18 Anj p.pdf

Download (260kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerimaan khalayak perempuan terhadap identitas laki-laki dalam sinetron Dunia Terbalik. Penelitian ini akan menganalisis identitas yang digambarkan oleh tokoh utama dalam sinetron tersebut. Penelitian ini menarik karena terdapat perbedaan penggambaran identitas laki-laki yang diperankan oleh tokoh utama dalam sinetron yang diteliti dengan identitas yang dikonstruksikan oleh masyarakat. Aspek yang akan diteliti dalam penelitian ini berupa identitas fisik, penampilan, topik obrolan, serta peran tokoh utama dalam sinetron Dunia Terbalik. Sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerimaan khalayak perempuan terhadap identitas laki-laki dalam sinetron Dunia Terbalik. Pendekatan yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode analisis resepsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara indepth interview pada perempuan sebagai informan. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa informan memiliki penerimaan yang beragam. Beberapa informan mampu menerima identitas maskulin yang digambarkan oleh sinetron Dunia Terbalik berada pada posisi dominant hegemonic. Informan lain menganggap bahwa sinetron tersebut tidak menggambarkan identitas maskulin yang sesuai, sehingga berada pada posisi opposition. Sedangkan beberapa informan bersikap adaptif namun juga oposisi terhadap identitas maskulin yang digambarkan. Maka, sebagian informan berada pada posisi negotiated.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.108/18 Anj p
Uncontrolled Keywords: identitas laki-laki, reception analysis, sinetron.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.5-799.9 Young men and women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ANJASMARA, 071411531013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jan 2019 08:40
Last Modified: 26 Jan 2019 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item